Menjelajahi Keindahan Masjid Al-Jabbar

Selama lebih dari lima tahun pembangunan masjid apung Al-Jabbar akhirnya sudah diresmikan pada Jum'at 30 Desember 2022. Masjid Al-Jabbar ini kurang lebih menelan biaya hingga lebih dari Rp 1 triliun.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut terjun sebagai arsitek yang merancang Masjid Al-Jabbar pun ikut meninjau langsung progres penyelesaian pembangunan masjid yang berada di kawasan  gede bage kota bandung ini.

Arsitekturnya mengusung filosofi asmaul husna yang mana nama Masjid Al-Jabbar sendiri berasal dari asmaul husna yang berarti Maha Perkasa. Bangunan Masjid Al-Jabbar dilengkapi empat menara setinggi 99 meter dan di bangun diatas tanah 99 x 99 meter. Masjid ini dikelilingi danau sebagai embung atau daerah penyerapan air dan akan dibangun taman tematik sebagai area rekreasi bagi keluarga.

Menurut Ridwan Kamil secara desain kubah masjid  dibangun tanpa kolom untuk menonjolkan kesan megah dan membuat jemaah tampak kecil dalam konteks filosofi ibadah kepada Allah SWT.Masjid yang menelan biaya lebih dari Rp 1 triliun ini, dapat menampung sekitar 50 ribu jamaah dilengkapi dengan fasilitas plaza, selasar, akses ramp, lift yang memadai, ruang wudhu khusus difabel, ruang salat yang sangat amat megah dan nyaman untuk beribadah.  

Fasad dari Masjid Al Jabbar diklaim belum ada yang menyerepuai, fasad Masjid Al-Jabbar sendiri berupa kaca yang disusun seperti sisik ikan jumlah kaca yang dibutuhkan mencapai 6.136 lembar.


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo