Bukit Holbung wisata eksotis di Sumatera Utara

 

Bukit Holbung wisata eksotis di Sumatera Utara

Bukit Holbung di Desa Hariara Pohan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, saat ini dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Unit Usaha Dolok Holbung Sipege. Setiap hari perbukitan ini ramai dikunjungi wisatawan. Khusunya pada hari Sabtu dan Minggu pengunjung ramai sehingga membuat area parkir penuh.

Wisatawan yang ingin melakukan pendakian harus melalui beberapa anak tangga, kemudian melawati jalan setapak naik turun untuk mendaki perbukitan. Wisatawan yang berkunjung ke Bukit Holbung ini bukan hanya datang dari warga Samosir, tetapi juga beberapa wisatawan asing dari Malaysia, Taiwan, Hongkong, Singapura, Vietnam, Filipina dan negara lainnya.

Bukit Holbung selalu ramai dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu. Khusus pada hari Sabtu atau libur, banyak pengunjung berkemah di atas perbukitan. Saat pengunjung menginap dengan berkemah maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000 karena kendaraan pengunjung akan dijaga oleh petugas malam.

Ada mitos yang menyebutkan bila mampu mendaki Bukit Holbung atau bukit cinta tersebut hingga ke puncak atau bukit ke delapan, maka perjalanan cinta pengunjung bakal berjalan mulus. Tapi, untuk menaklukkan ke delapan bukit tersebut butuk waktu lumayan dan tenaga ekstra. Bukit Holbung disebut bukit cinta karena bila memandang dari perbukitan terlihat pinggiran danau seperti lambang cinta.

Hindun Suaidah Dini Nasution

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo