Pondok Pesantren Al Ihsan Adakan Pengajian Kitab Kuning



Bandung, 11 Mei 2023 Pondok Pesantren Al Ihsan Cibiru Hilir kembali adakan pengajian kitab kuning rutin. Mengaji kitab kuning sudah menjadi ciri khas sebuah pesantren, mengaji kitab kuning juga sudah menjadi aktivitas rutin di pesantren .
Setiap sehabis shalat subuh, ashar dan magrib seluruh santri dan santriwati di pondok pesantren Al- Ihsan akan berkumpul dan mengaji di kelas mereka masing-masing. Karena pondok pesantren al ihsan ini merupakan pondok pesantren mahasiswa, maka untuk absen kehadiran tiak terlalu diketatkan, dan menyesuaikan dengan jadwal kuliah mahasiswa. 
Pada kesempatan kali ini, Sekitar jam 17.00 WIB seluruh santri dan santriwati berkumpul di mesjid Mubarok dan mendengarkan pengajian dari pimpinan pondok pesantren Al-Ihsan, yaitu Bapak KH. Tantan Taqiyuddin, LC . Dalam pengajiannya, Beliau mengajarkan kitab Asy-sya'rawi dan menjelaskan tentang ketuhanan yang sudah terpampang jelas dalam surah al fatihah.
" semua perbuatan akan dibalas oleh Allah, baik perbuatan yang baik maupun yang buruk" tambah Beliau.
Tidak hanya menjelaskan tentang ketuhanan, KH. Tantan Taqiyuddin juga menjelaskan tentang ibadah, beliau mengungkapkan bahwa ibadah itu berat karena memilki musuh yang kuat, seperti iblis, syaitan dari golongan jin dan manusia. Maka kita harus selalu bersama tuhan yang kuat yaitu Allah SWT.
Dilanjut setelah shalat magrib, pengajian kitab kuning diambil alih oleh bapak Muhammad Ramdhan Juniarsyah yang menjelaskan tiga hal, yaitu pertama tentang orang zuhud, kedua tentang rezeki dan maqam rezeki dan yang ketiga musuh orang beriman.

Reporter Gina Nabillah
Cibiru hilir, kecamatan cileunyi kab. Bandung
Ig: @ginabil_


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo