Mengapa Kelompok Memiliki Emosi yang Bervariasi?



Sebagai makhluk sosial, manusia harus berinteraksi untuk mempertahankan keberlangsungan hidupnya. Bentuk interaksi yang bisa dilakukan, salah satunya, yakni bergabung dengan kelompok sosial sesuai minat dan preferensinya.

Menurut Syarifah dalam buku Model Problem Based Learning dan Pembentukan Kelompok Sosial (2022), berikut pengertian kelompok sosial: "Kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama, karena adanya hubungan di antara mereka." Hubungan yang dimaksud ini tercipta karena kesadaran, dan menyangkut hubungan timbal balik yang saling memengaruhi.

Sementara itu, dikutip dari buku Pengantar Sosial Ekonomi dan Budaya (2020) karya Adi Sutrisno dkk, berikut pengertian kelompok sosial: "Kelompok sosial adalah kumpulan individu yang hidup bersama dan memiliki kesamaan tujuan antar individunya."

Seperti yang kita ketahui, kelompok terdiri dari berbagai jenis orang dengan latar belakang berbeda, seperti agama, pekerjaan, dan pendidikan. Karena perbedaan inilah, tiap orang mempunyai karakteristik emosi yang berbeda, terutama saat menyikapi suatu hal.

Mochamad Maulana


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo