Saat Laksanakan Ibadah Haji , Jemaah indonesia Wafat Di Tanah Suci 2023

Insight, Jeddah -Jumlah jemaah haji Indonesia yang meninggal saat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci kembali meningkat. Diketahui, hingga aksi hari ke-30 Haji pukul 1444 atau Kamis (22/6/2023) pukul 06.35 Waktu Arab Saudi (WAS) atau 10.35 WIB jumlah jemaah haji yang meninggal mencapai 113 orang.

 Dari angka tersebut dilaporkan 78 jamaah meninggal di Mekkah, 32 jamaah di Madinah dan 3 jamaah di Jeddah. Dalam komunitas orang meninggal tersebut terdapat tidak kurang dari 60 orang lanjut usia dan tidak kurang dari 53 orang non-lansia (berusia 64 tahun ke bawah).
Subhan Cholid, CEO Organisasi Haji Arab Saudi (PPIH), mengumumkan bahwa semua jemaah haji yang meninggal di Tanah Suci berhak atas asuransi pemakaman jenazah dan asuransi untuk ahli warisnya. "Pemakaman diadakan untuk peziarah yang meninggal. Di Madinah, pemerintah Saudi telah menyiapkan beberapa lokasi tergantung situasi, ketersediaan dan kesiapan negara. Bahkan mungkin di Baq," ujar Subhan di Jeddah beberapa waktu lalu. Kemudian.

 Sementara itu, pemerintah Indonesia melalui PPIH mengusulkan kepada Arab Saudi untuk memakamkan jenazah di Mekkah di Makam Ma'la. Namun, diakuinya memakamkan Ma'la bukanlah hal yang mudah bagi jemaah haji. "Tentu ada kriteria pemakaman di Ma'la. Tapi terbuka dan siap pakai (penguburan) itu di daerah Soraya. Itu daerah dekat Arafah. Dan negaranya disiapkan sangat luas," kata Subhan.

 "Di Jeddah, tempat itu juga disebut Soraya, dan beberapa jemaah dimakamkan setiap tahunnya," lanjutnya. Sementara itu, petugas PPIH mengumpulkan barang-barang milik jemaah haji asal Arab Saudi yang meninggal dunia di Tanah Suci untuk kemudian diserahkan kepada ahli warisnya di negara tersebut. Bahkan hari ini, ahli waris berziarah ke kuburan orang mati.

 Selain itu, jemaah haji Indonesia juga mendapatkan asuransi jiwa dan kecelakaan. Jemaah yang meninggal dunia di pesawat dalam perjalanan ke Tanah Suci atau kembali ke Indonesia juga akan mendapatkan perlindungan asuransi tambahan.

Resi Tri Rahayu S 
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo