Toleransi Milenial di Indonesia


Toleransi yang kita ketahui merupakan sebuah sikap untuk menghargai dan menghormati setiap orang yang memiliki perbedaan pandangan atau pendapat,keyakinan dan kepercayaan termasuk juga perbedaan agama serta ras dan budaya masing-masing. Karena mereka memiliki hak untuk diperlakukan sama dengan setiap orang.

Sikap toleransi itu tidak memiliki batas waktu,tempat atau dengan siapa kita melakukannya. Sikap toleransi juga tidak hanya melakukan etika untuk menghargai ras,agama,budaya atau suku,tetapi menghargai pendapat pemikiran orang lain juga termasuk dari sikap toleransi.

Saat ini kita sudah termasuk kedalam generasi milenial di Indonesia. Generasi ini sudah termasuk kedalam generasi yang canggih,karena banyaknya orang yang sudah menggunakan media dan teknologi digital. Dengan adanya generasi milenial sekarang ini,apakah mereka mampu menyatukan keberagaman yang ada dinegara Indonesia ini?

Karena adanya perkembangan kehidupan membuat pemuda menjadi tidak akrab terhadap lingkungan karena adanya teknologi,maka manusia jaman sekarang tidak lagi membutuhkan bantuan orang lain. Inilah yang menjadi tugas penting bagi kaum milenial di Indonesia,yaitu cara untuk menumbuhkan  jiwa Nasionalisme dikalangan masyarakat agar sikap toleransi antar masyarakat Kembali tumbuh.

Contoh kecil yang bisa kita lakukan saat ini untuk menumbuhkan rasa toleransi dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan cara:

1. Berteman dengan semua orang

2. Tidak memotong pembicaraan orang ketika berbicara

3. Mengutarakan apresiasi dan kritik yang sewajarnya

4. Kurangi menilai seseorang tanpa mengenalnya terlebih dahulu

5. Menghargai semua suku,ras,dan agama yang ada

Nilai toleransi memiliki manfaat yang luar biasa yang perlu dikembangkan dalam kehidupan,karena Allah menciptakan manusia yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Diantara manfaat toleransi dalam kehidupan manusia ini adalah menguatkan sikap Nasionalisme,menciptakan keharmonisan dan kedamaian dan meningkatkan rasa persaudaraan kita.


Fadiyah Citra Azhari


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo