Trauma Healing bagi anak yang terdampak Bencana

Trauma Healing bagi anak yang terdampak Bencana

 


Trauma healing adalah sebuah proses penyembuhan dari trauma.  Setiap orang merespon beda-beda dalam menghadapi trauma itu sendiri tentunya masing-masing dari kita pernah mengalami yang Namanya trauma lalu bagaimana cara menghilangkan trauma itu yaitu dengan cara trauma healing.           

American Psychological Association menyebutkan bahwa trauma adalah respons emosional korban terhadap peristiwa yang mengerikan. Korban bisa sangat terkejut dan penuh penolakan pada awalnya. Selain itu korban akan mengalami dampak jangka panjang, seperti emosi yang tidak terduga, perasaan tegang, gejala fisik, atau gejala aneh lainnya. Tidak jarang, bahkan gejala tersebut sangat mengganggu aktivitas keseharian para korban.

Trauma pada anak bisa menyebabkan PTSD atau biasa disebut post traumatic stress disorder ini merupakan gangguan kesehatan mental sesorang setelah mengalami sesuatu kejadian seperti yang di alami sekarang gempa di cianjur yang menyebabkan trauma. Jika keadaan korban semakin buruk mereka membutuhkan bantuan perawatan psikologis yang serius dan lama, jadi trauma healing ini tidak bisa dilakukan hanya sekali tapi mesti berkali-kali.

Lalu apa saja yang dilakukan trauma healing bagi yang terdampak bencana? Contohnya seperti yang di cianjur kemarin hasil dari wawancara saya dari relawan trauma healing cianjur hal yang mereka lakukan trauma healing Bersama anak-anak yaitu dengan cara menghibur agar rasa cemas atau rasa trauma mereka itu bisa berkurang dan trauma healing inipun tidak hanya kepada anak-anak saja melainkan ibu-ibu yang ada disana juga.

Tidak hanya trauma healing juga yang dilakukan oleh relawan bencana melainkan ada sikososial sebagai relawan bertugas memberi sembako ke posko-posko yang ada disana dan juga memberi makan bagi para korban yang terdampak bencana.

Trauma healing bencana di cianjur kemarin dilakukan di RSUD SAYANG ada sekitar 100 anak yang melakukan trauma healing lalu melakukan hiburan seperti menggambar, story telling bermain game atau apapun yang bisa mengurangi rasa trauma mereka dan di akhir acara dibagikan snack yang dimana bisa membuat senang anak-anak.

Mengapa sih di adakan trauma healing ini? karena pada saat kita datang kesana warga disana merasa senang dan merasa di pedulikan apalagi sikis mereka agar berkurang, lalu kita akan adakan assessment untuk apasih yang dibutuhkan mereka dan cari tau apa masing-masing anak itu bagaimana murung kah atau cenderung ketakutan berlebih karna adanya trauma yang ada disana, lalu ada sesi konselingnya di tanya-tanya ketika kita bertanya kemarin bagaimana atau apa nah apabila kita sudah mendapatkan jawaban dari mereka lalu dari team relawan memberika support agar anak-anak disana kembali semangat.

Trauma ini berdampak pada stabilitas emosi dan emosional para korban dan dampak terhadap yang negatif, jadi trauma healing merupakan proses penyembuhan pasca trauma seseorang biasanya psikologis akan membahas apa saja yang di butuhkan korban setelah mereka mengalami trauma korban akan belajar kembali bagaimana menyesuaikan emosinya ketika berhadapan dengan situasi yang membuat mereka ketakutan yang bahkan membuat mereka trauma.

Pada saat kejadian korban masih merasa ragu dengan perubahan yang ada dalam diri mereka yang menyebabkan mereka menjadi mudah takut bahkan malu saat berhadapan dengan orang lain atas apa yang menimpa terhadap mereka lalu bagaimana mereka bisa move on atas kejadian tersebut para ahli professional akan membantu para korban memahami dan mencari resolusi atas trauma yang di alami korban kemudian mereka juga mengikuti berbagai macam yang di ajarkan untuk siap kembali dan melakukan hal seperti biasa.

Proses trauma healing dapat menciptakan diri seseorang merasakan beragam ancaman seperti reaksi emosional seperti rasa sedih motivasi bahkan hal menjengkelkan yang membuat mereka kembali semangat.

Hanifah Destiani

Peneliti Insight

 


 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo