Menu Santapan Yang Khas Pada Saat Idul Fitri

Idul Fitri identik dengan saling memaafkan dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan orang tersayang. Selain itu, mengatur persiapan pulang kampung yang tinggal menghitung hari, dan pemilihan menu lebaran ternyata juga harus di pertimbangkan dari jauh-jauh hari. Pasalnya, masyarakat Tanah Air memiliki tradisi untuk bersilaturahmi dengan 

keluarga dan orang tercinta sambil menikmati makanan yang tersedia.
Menu makanan khas lebaran sendiri biasanya merupakan masakan tradisional Indonesia yang gurih dan kaya akan rempah-rempah. Meski makanan khas Indonesia sangat beragam, tetapi hanya ada beberapa makanan yang selalu muncul di hari besar umat Islam ini.

Setiap keluarga muslim di Indonesia memiliki menu Lebaran favoritnya masing-masing, beberapa mungkin akan menghidangkan menu Lebaran sederhana dan beberapa lagi akan menghidangkan menu lebaran komplit.
Ada berbagai hidangan khas yang dijadikan menu lebaran favorit banyak orang mulai dari ketupat, rendang, sambal goreng hati dan kentang, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak aneka menu Lebaran favorit berikut ini!

Pertama, Ketupat atau kupat merupakan salah satu menu Lebaran yang wajib ada saat di momen Hari Raya. Ketupat adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar beras yang dibungkus menggunakan anyaman daun kelapa muda membentuk belah ketupat. Biasanya, ketupat akan disantap bersama hidangan khas Lebaran lainnya, seperti rendang, opor ayam, semur daging, sate ayam, dan masih banyak lagi.

Kedua, Opor ayam adalah masakan sejenis kari ayam yang dibuat menggunakan campuran santan dan rempah-rempah khas Indonesia lainnya, seperti kencur dan serai. Hidangan ini merupakan salah satu menu hari Lebaran favorit banyak orang saat sedang merayakan Hari Raya Idulfitri. Orang-orang biasanya akan menikmati opor ayam bersama dengan ketupat yang telah dipotong-potong dan taburan bawang goreng yang gurih.

Ketiga, Rendang daging, ketupat dan opor ayam rasanya belum lengkap tanpa kehadiran masakan terenak di dunia yang satu ini. Menjelang Hari Raya Idulfitri biasanya ibu-ibu akan pergi ke pasar untuk membeli sejumlah daging sapi yang kemudian akan dimasak menjadi rendang daging yang nikmat. Rendang sendiri merupakan masakan daging khas Minangkabau, Sumatera Barat, yang dibuat  menggunakan rempah-rempah khas dan campuran santan yang gurih.

Keempat, adalah Sambal goreng hati atau yang juga dikenal dengan sebutan sambal goreng ati. Hidangan ini umumnya terbuat dari bahan dasar hati dan ampela ayam, bumbu sambal, serta potongan kentang. Namun kamu juga bisa mengganti hati dan ampela ayam menggunakan hati sapi. Selain dihidangkan pada saat momen Lebaran, sambal goreng hati juga sering dihidangkan untuk berbagai acara lainnya, seperti pesta pernikahan dan acara arisan.

Kelima, Semur daging, menu Lebaran yang terbuat dari bahan baku daging lainnya adalah semur daging. Biasanya masakan ini dibuat oleh keluarga yang tidak menghidangkan rendang. Namun, beberapa keluarga juga menghidangkan rendang daging dan semur daging secara bersamaan sebagai menu Lebaran komplit. Semur daging sendiri merupakan masakan daging rebus yang diolah dengan kecap manis dan rempah-rempah khas Indonesia lainnya. Jadi jangan heran kalau rasa semur daging identik dengan rasa manis.

Keenam, Kentang mustofa Selain makanan berkuah dan bersantan, ada juga menu Lebaran yang kriuk dan gurih yang menjadi favorit banyak orang di hari Lebaran, yaitu kentang mustofa. Kentang mustofa merupakan masakan yang terbuat dari parutan kentang yang digoreng dan kemudian dilumuri dengan bumbu balado yang nikmat. Hidangan ini memiliki tekstur yang renyah dengan cita rasa yang menggugah. Jadi, tidak heran kalau kentang mustofa menjadi salah menu Lebaran favorit saat Hari Raya.

Yang terakhir adalah Bakso, siapa yang tidak suka bakso? Menu makanan yang segar ini pasti jadi menu favorit keluarga saat Hari Raya Idulfitri. Makanan berkuah yang lezat satu ini memang sangat pas dimakan bersama-sama saat Lebaran. Kamu bisa membuat bakso dari jauh-jauh hari sebelum Lebaran dengan bahan daging sapi atau ayam. Kemudian masukkan ke kulkas. Nah, saat Lebaran tiba, kamu tinggal merebus baksonya bersama campuran bahan makanan lain seperti mie dan sayurannya.

Nah gimana nih, apakah ada menu Lebaran di atas yang menjadi menu favorit kamu di Hari Raya Idulfitri? Selain menu lebaran di yang tadi, kamu juga bisa menghidangkan kue kering khas Lebaran, seperti nastar, putri salju, atau kue kacang, agar momen Lebaranmu terasa semakin lengkap.


Reporter : Febrina Nurul hidayah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo