Penyebab Mabuk Perjalanan dan Bagaimana Cara Mengatasinya?


Ketika tubuh sedang bergerak, seperti berbaring, duduk, berjalan, berputar, dan berdiri, sistem saraf akan terus bekerja untuk mengirimkan sinyal ke otak dan telinga bagian dalam.
 
Orang yang sering mabuk perjalanan cenderung lebih sensitif dan kesulitan mengontrol seluruh sinyal saraf yang diterima oleh otak dan telinga dalam, sehingga akan timbul rasa mual, pusing, dan tidak enak badan selama perjalanan. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan seseorang mengalami mabuk perjalanan.
 
Di samping itu, beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami mabuk selama di perjalanan adalah:
 
Gangguan pada telinga bagian dalam.
Membaca buku atau bermain HP di kendaraan.
Menderita migrain atau vertigo.
Memiliki riwayat mabuk perjalanan.
Mengalami perubahan hormonal yang dikarenakan kehamilan, menstruasi, atau penggunaan pil KB.
 
Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan
 
Mabuk perjalanan bukanlah kondisi yang membahayakan. Meski begitu, sebaiknya orang yang sering mengalami kondisi ini mengetahui bagaimana cara mengatasinya agar perjalanan tetap lancar. Berikut adalah sejumlah cara mengatasi mabuk perjalanan yang bisa dicoba.
 
1. Menghirup Aromaterapi
 
Cara mengatasi mabuk perjalanan yang pertama bisa dilakukan dengan menghirup aromaterapi atau minyak angin. Cara ini dapat membantu meredakan rasa mual dan tidak nyaman akibat mabuk perjalanan. Aromaterapi terbuat dari berbagai jenis minyak esensial, seperti lavender, eucalyptus, atau lemon. Anda bisa memilih aroma yang paling Anda sukai untuk menambah kenyamanan selama di jalan.
 
2. Memejamkan Mata
 
Cara menghilangkan mabuk perjalanan berikutnya adalah menutup mata dan mengambil napas secara perlahan. Apabila menggunakan mobil, cobalah membuka kaca jendela untuk menghirup udara segar dari luar selama beberapa menit.
 
3. Mengonsumsi Jahe atau Permen Mint
 
Mengonsumsi air jahe atau permen mint juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi mabuk kendaraan. Cara ini akan membantu meredakan sekaligus mencegah mual dan muntah karena mabuk perjalanan. Selain itu, aroma dari jahe dan permen mint diyakini dapat memberikan ketenangan bagi tubuh.
 
4. Mengubah Posisi Duduk
 
Cara mengatasi mabuk perjalanan juga bisa dilakukan dengan mengubah posisi duduk. Pasalnya, risiko mabuk perjalanan akan meningkat apabila Anda duduk menghadap ke samping atau belakang. Karena itu, pastikan untuk mengatur posisi duduk ke arah depan.
 
5. Menghentikan Kendaraan
 
Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, tidak ada salahnya menghentikan kendaraan selama beberapa saat. Anda bisa berhenti di rest area dan turun dari kendaraan untuk sekadar berjalan-jalan dan menghirup udara segar. Cara ini akan membantu meredakan mual yang disebabkan oleh pergerakan kendaraan.

Penulis : Hilwa Sayyidatul Afifah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo