Pembukaan KKN Reguler Sisdamas Mahasiswa UIN Bandung di Desa Mundusari Kabupaten Subang

Insight Cybermedia, Subang- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat atau LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun ini mengangkat tema moderasi beragama untuk KKN tahun ini. Pembukaan KKN di Desa Mundusari dihadiri oleh aparatur desa Mundusari dan Dosen Pembimbing Lapangan kelompok 313, 314 dan 315 bapak Dr. Abdul Mujib, M.Ag pada hari Selasa (11/07/23.) 


Pembukaan berlangsung di balai desa Mundusari. Acara dimulai pukul delapan pagi. Diawali dengan pembacaan Al-Qur'an oleh salah satu mahasiswi KKN. Dan dilanjutkan dengan sambutan dari bapak Dr. Abdul Mujib. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa KKN adalah masa bagi mahasiswa/i untuk belajar hidup di tengah-tengah masyarakat. KKN adalah waktu bagi mahasiswa/i untuk mengaplikasikan hasil belajar semalam enam bulan di perkuliahan. 


"Jadikan kepala desa sebagai dosen pembimbing teman-teman, karena saya tidak selalu ada bersama teman-teman. Terjunlah ke masyarakat dengan konsep. Bagi teman-teman tarbiyah mengajar tidak hanya di sekolah. Jurusan KPI sertai berbagai majelis taklim agar lebih besar" ujar pak Dr. Abdul Mujib.


Selanjutnya beliau menyampaikan harapannya agar mahasiswa pro-aktif dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Dan meminta bantuan kepala desa dalam membimbing mahasiswa KKN agar di didik seperti anak sendiri. "Ingat motto kita adalah, bukti hidup adalah bakti. Kerja keras, kerja tuntas itu lah ikhlas" tutur beliau sebagai penutup.


Acara selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan dari kepala desa Mundusari. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat datang dan menyambut dengan baik kedatangan mahasiswa/i KKN. Beliau juga menyakini bahwa salah satu dari mahasiswa/i dikemudian hari akan ada yg terjun menjabat di pemerintahan. "Jokowi saja adalah orang biasa yang kemudian menjadi pejabat, saya pun orang biasa. Sekali lagi saya sampaikan selamat datang di desa Mundusari" ujar kepala desa sebagai penutup.


Helmi Syarah

Mahasiswi UIN SGD Bandung


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo