Kewajiban Mendidik Anak

Pendidikan pada anak merupakan salah satu hal penting yang tentunya harus diperhatikan oleh setiap individu. Usia anak-anak tentunya merupakan masa pertumbuhan dan juga pengembangan yang tepat untuk membentuk pribadi pada anak. Hal ini tentunya berupa pembentukan karakter, membangun dan melatih kemampuan bahasa, seni, sosial emosional, spiritual, disiplin, konsep diri, dan yang lainnya.
Melalui Al-qur'an dan Hadist. Allah SWT telah menyampaikan tentang petunjuk bagaimana kehidupan manusia dari tidur hingga bangun lagi dengan lengkap dan tanpa cela. Sehingga juga tidak dapat dipungkiri bahwa perihal pendidikan juga terdapat arahan dan petunjuk dalam Al-Qur'an maupun hadist. Terutama pada Pendidikan anak.
Pada sisi lain menilai seorang anak, mereka diibaratkan kertas putih yang belum terdapat tulisan sama sekali. Lalu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat yang memberikan warna dalam kehidupan seorang anak. Usia anak-anak adalah usia keemasan. Jika permulaan kehidupan mereka telah mendapatkan didikan yang baik, maka sang anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik.
Peran orang tua dalam membimbing anak tentunya sangat besar pengaruhnya terhadap tingkat keimanan seorang anak. Dengan bimbingan orang tua, anak belajar mengenal siapa Tuhan itu, apa saja sifat-sifat Tuhan, dan kewajiban-kewajiban manusia terhadap Tuhan.
Di dalam ajaran Islam sebenarnya telah banyak dijelaskan tentang tuntunan dalam mendidik anak, salah satunya di dalam surat At-Tahrim Ayat 6 yang artinya "Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan".
Perintah untuk menjaga diri dan keluarga itu berada di pundak
orang tua. Itu artinya ini sebuah amanah besar bagi orang tua
untuk menjalankan perannya sebagai orang tua dalam mendidik
anak, dalam hal ini khususnya pendidikan, karakter atau akhlak
bagi putra putrinya.



Oleh: Ilham Rahmat Maulana

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo