Manfaat Berpuasa bagi Kesehatan

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu oleh orang-orang muslim. Karena, merupakan ibadah  yang Allah oleh janjikan kepada hamba-Nya pahala yang berlipat-lipat ganda, dan audah barang tentu menjadi momentum untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Bulan Ramadhan ini, tentu bukan juga penghalang dalam melakukan aktivitas seperti biasa seperti biasa. Karena meskipun berpuasa kita tidak dianjurkan untuk bermalas-malasan. 

Berpuasa ternyata tidak hanya sekedar perintah agama, tapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan.

Seperti dilansir dari alodokter berikut manfaat berpuasa bagi kesehatan, diantaranya:

1. Menurunkan berat badannya

Manfaat puasa yang banyak diketahui adalah membantu menurunkan berat badan, karena dengan berpuasa maka pola makan akan lebih terjaga dan tidak berlebihan, sehingga bisa menjaga berat badan tetap ideal dan juga dapat terhindar daei resiko obesitas.

2. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa riset menunjukan bahwa orang yang rutin menjalani puasa akan memiliki jantung yang lebih sehat dibanding orang yang tidak berpuasa.

3. Menjaga kesehatan mental

Selain memiliki sisi positif dalam kesehatan fisik, puasa juga memiliki dampak yang baik pada kesehatan mental. Itu karena, puasa dapat menurunkan kadar horman stres atau kortisol serta merangsang hormon endorfin yang baik untuk meredakan cemas. 

Berikut merupakan beberapa manfaat dalam menjalankan puasa. 

Ike Srilopita Nurdianto / Insight

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo