Ketika Bertindak Salah Maka Jangan Gegabah

Kita saat ini hidup di zaman modern, semua bisa dilakukan meski kita berdiam di rumah. Seperti berjualan, memesan tiket, memesan makanan, dsb. Kenapa bisa begitu? Karena kita dimudahkan dengan tekhnologi diantaranya dengan gadget dan internet. Apalagi saat ini dunia sedang berduka akibat wabah corona (Covid19), menjalankan aktifitas tidak bisa semaunya. Harus menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan.

Masyarakat otomatis lebih sering menjalankan aktivitasnya di rumah, pelajar belajar di rumah, dan pekerja banyak yang dirumahkan. Perasaan mereka pasti tidak ada yang baik-baik saja karena manusia tidak bisa terus menerus berdiam di rumah apalagi ditambah dengan tidak punya uang. Mereka sebisa mungkin mencari informasi melalui internet, ada yang mencari pekerjaan, mencari jawaban dari soal-soal yang diberikan gurunya atau dosennya, dan membaca apapun yang terlintas pada website.

Banyak berita atau informasi yang kita cari bermunculan, dengan mudahnya setelah membaca informasi tersebut kebanyakan orang langsung percaya. Tidak digali lebih dalam lagi apakah informasi tersebut benar atau tidak, yang mencari kerja kecewa karena tertipu dengan website abal-abal, yang asal baca terhasut pikirannya oleh imformasi hoax. Mereka menebarkan lagi lebih luas informasi itu sehingga banyak orang yang terhasut dan menebarkan kebencian mereka dengan bertindak.

Tindakan mereka tidak main-main, bertindak semaunya. Ada yang di internet mengeluarkan seluruh kekecewaannya yang tidak jelas sampai-sampai mereka terjun ke lapangan untuk berdemo melontarkan perkataan yang mereka kesali. Apakah semua yang ikut berdemo membaca beritanya? Jawabannya tidak, mereka yang ikut kebanyakan hanya terhasut oleh angin lewat. Dengan begitu banyak orang yang tersakiti, kedamaian menjadi kebencian, ketentraman menjadi keributan, dan keamanan menjadi kehancuran.

Sadarkan diri ini agar tidak mudah terhasut, perbanyak menggali informasi yang faktual, perbanyak pengetahuan, perbanyak istigfar dan mendekatkan diri kepada Tuhan YME agar senantiasa menjadi manusia pribadi yang baik. INGAT! Informasi akan selalu ada dengan seiring berjalannya waktu, terima informasi yang baik dan singkirkan informasi yang tidak benar (hoax). Ciptakan kedamaian, ketentraman, dan keamanan dengan tidak gegabah dalam mengambil tindakan.

Neng Ayu Lestari KPI C 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo