Lift di Stasiun Cimekar Baru Macet, 6 Orang yang Terjebak Berhasil di Evakuasi

Enam orang terjebak di dalam lift stasiun Cimekar Kel. Cipadung Kidul Kota Bandung, Minggu 9 April 2023 sekitar pukul 12.00 WIB.

Diketahui keenam orang yang terjebak di dalam semuanya perempuan dan salah satu diantaranya sedang hamil usia kandungan 8 bulan.

Mereka terjebak diantara lantai 1 dan lantai 2 setelah turun dari kereta rel diesel lokal tersebut untuk menyebrang dari koridor selatan ke koridor utara.

Menurut Kepala Stasiun Cimekar, Lili, peristiwa tersebut terjadi pukul 11.29 WIB yang langsung diketahui oleh Staf security Stasiun Cimekar, Fajar.

Fajar yang saat itu sedang bertugas, mendengar peringatan alarm dari lift. Beliau langsung berkomunikasi melalui telepon selularnya dan menghubungi teknisi liftBasarnasDamkar Kota Bandung serta tenaga medis.

Lili mengatakan air conditioner tetap berfungsi dengan baik ketika lift dalam keadaan macet sehingga penumpang yang terjebak di dalamnya tetap bisa bernafas dan bertahan dengan baik.

Pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk segera bisa mengevakuasi enam warga yang terjebak di dalam lift.

Dua kendaraan Damkar, ambulance serta alat kesehatan dipersiapkan petugas-petugas di lokasi Stasiun Cimekar untuk memberikan pertolongan pertama.

Petugas yang datang ke lokasi langsung mengevakuasi korban dengan cara mencongkel pintu lift agar lebih banyak udara yang bisa masuk ke dalam lift.

Setelah satu jam lebih terjebak di dalam lift yang macet, akhirnya semua penumpang dapat di evakuasi dengan selamat setelah teknisi lift bisa mengatasi masalah yang ada pada lift tersebut.

Rasa haru, bahagia, dan dramatis terlihat pada keluarga yang melihat angota keluarganya akhirnya bisa keluar dari lift macet tersebut dalam keadaan sehat dan selamat.

Petugas yang mengevakuasi langsung membawa korban ke ruangan yang sudah dipersiapkan untuk mendapatkan pertolongan pertama dari tenaga kesehatan.

Keenam warga yang terjebak dalam lift tersebut adalah Ny. Euis (58), Warga Bumi Panyileukan, Ny. Siti Umaroh (42), Warga Komplek Permata Biru Kabupaten Bandung dan putrinya Meidina (14), Neni Isnaeni Warga Bumi Orange Kabupaten Bandung yang sedang hamil delapan bulan beserta anaknya Aira (14).

"Saya sama putri saya Aira baru aja turun dari kereta mau pulang ke rumah di Perumahan Bumi Orange, naik lift untuk menyebrang ke peron sebelah sana. Tapi, tiba-tiba lift macet."

Ungkap Neni Isnaeni.

Setelah mendapatkan pertolongan pertama, para korban langsung menghubungi keluarganya dan diperbolehkan untuk kembali ke rumahnya masing-masing.


Mohammad Afif

Peneliti Insight

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo