Beasiswa Maroko Kembali Dibuka hingga 23 Mei 2023

 



Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) RI mengumumkan, beasiswa Maroko untuk calon mahasiswa Indonesia kembali dibuka. Pihak kementerian juga kembali memperoleh kepercayaan dari Moroccan Agency for International Cooperation (AMCI) melalui Kedutaan Maroko untuk menyelenggarakan seleksi beasiswa ini.

Kesempatan beasiswa Maroko dibuka untuk 30 calon mahasiswa. Menurut Dirjen Pendidikan Islam, M Ali Ramdhani, pendaftarannya dibuka mulai hari ini, Senin (15/5/2023) hingga 23 Mei 2023.

"Seleksi dibuka bagi lulusan Madrasah Aliyah, Pendidikan Diniyah Formal Ulya/Satuan Pendidikan Muadalah di Indonesia," kata dia, dikutip dari laman resmi Kemenag.



Seleksi penerima beasiswa Maroko akan dilakukan oleh Konsorsium Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Adapun PTKIN yang terlibat ada 15 institusi, yaitu:

  1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  2. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  3. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  4. UIN Alauddin Makassar
  5. UIN Sumatera Utara Medan
  6. UIN Ar Raniri Banda Aceh
  7. UIN Antasari Banjarmasin
  8. UIN Sunan Ampel Surabaya
  9. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  10. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  11. UIN Mataram
  12. UIN Imam Bonjol Padang
  13. UIN Raden Intan Lampung
  14. UIN Walisongo Semarang
  15. UIN Sulthan Thaha Saefuddin Jambi.

M Ali Ramdhani menerangkan, petunjuk teknis seleksi diatur terpisah oleh Konsorsium Pusat Bahasa PTKIN melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama. Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore dan iOS.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) M Zainul Hamdi menyebut, proses verifikasi dan validasi dokumen akan dilakukan setelah pendaftaran. Prosesnya dilaksanakan pada 16-24 Mei 2023.

Peserta yang lolos seleksi administrasi nantinya akan menerima akun virtual pada 24 Mei 2023. Berikutnya, Kemenag akan mengumumkan penetapan calon peserta pada 27 Mei 2023.

M Zainul Hamdi mengatakan, seleksi penerima beasiswa kuliah di Maroko ini terdiri atas computer based test (CBT) dan wawancara.

"Seleksi Tes CBT digelar 28 Mei 2023. Sehari sebelumnya akan digelar simulasi CBT. Peserta yang lolos CBT akan diumumkan pada 29 Mei 2023," terangnya.

Seleksi wawancara akan diadakan pada 3-4 Juni 2023. Mereka yang lulus akan diumumkan 9 Juni 2023.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam itu menyebut, 30 peserta yang lulus akan diajukan menjadi calon penerima beasiswa AMCI tahun 2023-2024. Mereka yang lulus pun harus melengkapi pemberkasan melalui Kemenag RI.

Dilansir dari Detik.com "Beasiswa Maroko Kembali Dibuka, Kemenag: Pendaftaran sampai 23 Mei"  https://www.detik.com/edu/beasiswa/d-6720829/beasiswa-maroko-kembali-dibuka-kemenag-pendaftaran-sampai-23-mei.

Luthfiani Nurazizah/ insight


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo