Hati-hati Dengan Teknologi Artificial Intelligence (AI)

Kemunculan teknologi kecerdasan buatan yang disebut sebagai Artificial Intelligence (AI) memang membuat pekerjaan atau kebutuhan terasa lebih mudah di era digital ini. AI juga dipercaya memegang peranan penting di masa yang akan datang.

saat ini, sosial media di hebohkan dengan sebuah konten yang dihasilkan oleh teknologi Artificial Intelligence atau (AI). seperti salah satu akun @ianyxi yang menggugah video di instagram yang berisikan penyanyi barat seperti ariana grande, billie eilish bahkan artis korea yang menyanyikan lagu berbahasa indonesia. nyatanya suara tersebut tidak benar-benar nyata hasil dari penyanyi terkenal itu. namun, tersebut merupakan hasil dari teknologi AI.

dengan kemajuan tersebut, membuat masyarakat terkhusus yang menggunakan media sosial merasa kagum sekaligus khawatir. bisa saja dengan bukti konten video yang viral itu membuat beberapa masyarakat berpikir apakah kemajuan teknologi yang dihasilkan oleh AI ini bisa membahayakan ?

tidak menutup kemungkinan bahwa AI bisa berpotensi bahaya yang besar bagi kehidupan manusia. berikut bahaya AI yang dijarang di sadari oleh masyarakat

1. melanggar privasi manusia

AI bisa saja menjadi sebuah ancaman keamanan dan gangguan jika digunakan sebagai tindakan kriminal, misalnya seperti meretas atau memanipulasi informasi pribadi atau data-data berharga korban.

 2. kesenjangan sosial

kemajuan teknologi bisa menimbulkan bias atau prasangka butuk terhadap hal tertentu. dikarenakan teknologi AI ini juga dikembangkan oleh manusia juga. seperi bias sosial seperti suku ataupun gender.

3. adanya deepfake

deepfake diartikan sebagai teknologi yang dapat mengubah wajah ataupun suara pada sebuah video. dengan adanya produk AI ini, kita dibuat sulit untuk mengenali mana yang asli dan yang tidak.

itulah beberapa bahayanya perkembangan AI saat ini yang perlu diketahui. semoga informasi ini menambah wawasan.

Hafadlah Triananda
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Komunikasi Penyiaran Islam
hafadlah2002@gmail.com
@Triianandaa_


( Hide )

© all rights reserved
made with by templateszoo