Sudahkah Anda memperlakukan diri sendiri dengan adil?

Kita sering mendengar tentang banyak ketidakadilan hidup sekarang ini. Maka pantas kiranya untuk mengajukan pertanyaan berikut kepada diri sendiri: "Apakah Anda bersikap adil kepada diri sendiri?" Sebagian besar dari kita tidak menyadari betapa tidak adilnya kita terhadap diri kita sendiri.  Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk memperlakukan diri sendiri dengan adil:

Berhentilah berbicara kepada diri sendiri secara negatif.
Orang yang memilih untuk bersikap tidak adil terhadap diri mereka sendiri sering mengalami keraguan diri, self-talk negatif, kritik tanpa henti, dan rasa bersalah. Jika Anda merasa bahwa Anda sering berbicara negatif kepada diri sendiri, berhentilah. Evaluasi diri yang jujur dan sehat diperlukan untuk mencapai kesuksesan, tetap sehat, dan bahagia. Kritik yang merusak diri sendiri dapat melenyapkan esensi Anda. Sambil membiarkan diri Anda downtime, berusahalah untuk menjadi yang terbaik. Pertahankan fokus Anda dan perkuat tekad Anda untuk bertindak secara moral, membela apa yang Anda yakini, dan menjalani kehidupan yang penuh hormat dan penuh kasih.  
Jangan terus-menerus merasa seperti Anda tidak berbakat atau cukup sukses, karna itu akan menjadi musuh terburuk Anda sendiri.

Melihat Kesalahan sebagai Pembelajaran
Ketika Anda gagal, Anda harus adil terhadap diri sendiri dan menahan diri untuk tidak melabeli diri Anda gagal. Anda memiliki kemampuan untuk gagal dalam hidup. Kekeliruan "atribusi kegagalan," yang mengakibatkan beberapa orang menyerah karena mereka percaya bahwa mereka "gagal" dan bahwa "kegagalan" terjadi sebagai akibat dari kekurangan mereka sendiri, dikatakan kadang-kadang menyebabkan seseorang kehilangan motivasi mereka, menurut Miller & Rollnick.  Respons ideal terhadap kegagalan adalah menggunakannya sebagai alat pengajaran sehingga Anda dapat meningkatkan kinerja Anda di masa depan. Sederhananya, kita harus belajar memandang "kegagalan" sebagai "cobaan." Cobalah untuk menarik kesimpulan positif dari pengalaman Anda. Terlepas dari situasi 'terburuk' sekalipun, pasti ada pembelajaran didalamnya.

Mintalah bantuan orang lain
Jangan pernah ragu untuk mencari bantuan dari orang lain. Untuk teman dan keluarga Anda, Anda berada di dunia ini. Jadi izinkan mereka juga ada untuk Anda. Itu bukan tanda keegoisan; Itu adil. Pada kenyataannya, mereka akan mendapat manfaat dari ini juga. Menurut penelitian, membantu orang lain benar-benar dapat meningkatkan kesejahteraan seseorang.

Prioritaskan diri Anda
Anda kadang-kadang perlu memprioritaskan diri sendiri juga. Kebutuhan Anda akan sering tidak terpenuhi jika Anda secara konsisten memprioritaskan orang lain sebelum memprioritaskan kebutuhan Anda sendiri.

Jadikan tidur sebagai prioritas utama.
Jadikan tidur sebagai prioritas agar adil terhadap diri sendiri juga. Anda dapat tampil lebih baik secara kognitif dan fisik jika Anda mendapatkan tidur yang cukup. Selain itu, ini akan membantu Anda dalam meningkatkan pola makan dan kesehatan mental Anda.


Helmi Syarah
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo