Informasi Seputar UM-PTKIN 2023

Seperti yang kita tahu, ada banyak jalur yang bisa ditempuh untuk masuk ke perguruan tinggi yang ada di Indonesia, salah satunya adalah UM-PTKIN. Bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di UIN, IAIN, ataupun STAIN, jalur ini bisa dipilih. Lalu apa itu UM-PTKIN? UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah ujian seleksi masuk yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan diikuti oleh 59 PTKIN se-Indonesia.

UM-PTKIN pada tahun 2023 ini mulai dibuka pendaftaran pada tanggal 10 April 2023 hingga pengumuman kelulusan pada 23 Juni 2023. Berikut daftar lengkapnya!

Pendaftaran/Pembayaran: 10 April - 15 Mei 2023
Finalisasi Pendaftaran: 10 April - 16 Mei 2023
Cetak Kartu Peserta Ujian SSE UM-PTKIN: 29 April 2023
Pelaksanaan Uji coba SSE: 22 - 24 Mei 2023
Pelaksanaan UM-PTKIN: 29 Mei - 8 Juni 2023
Pengumuman: 23 Juni 2023

Dengan biaya Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah), calon peserta bisa memilih maksimal tiga program studi yang berada di PTKIN. Pembayaran tersebut bisa dilakukan melalui bank Mandiri atau melalui virtual account apabila menggunakan selain bank Mandiri.

Lalu bagaimana alur pendaftaran UM-PTKIN 2023? Berikut alurnya:
1. Calon peserta mendaftar Akun UM-PTKIN. Pilih Daftar Bagi Calon Pendaftar yang memiliki NISN dan belum memiliki akun SPAN-PTKIN. Username dan Password didapat setelah melakukan pendaftaran dan dikirim melalui email yang dicantumkan saat pendaftaran akun UM-PTKIN.
2. Pilih Login. Gunakan Username/NISN dan Password.
3. Mengisi biodata secara online di https://um.ptkin.ac.id/ hingga mendapat tagihan dan nomor VA (Virtual Account), mengenai nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.
4. Calon peserta melakukan pembayaran pada Bank Mandiri atau Bank lain melalui virtual account.
5. Peserta mendapat bukti pembayaran serta biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
6. Peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um.ptkin.ac.id dengan melakukan Login kembali menggunakan NISN dan Password untuk memilih program studi dan PTKIN/PTN titik lokasi ujian hingga cetak kartu peserta ujian.
7. Mengikuti ujian SSE UM-PTKIN pada PTKIN/PTN titik lokasi ujian yang dipilih oleh peserta.

Seluruh informasi dan ketentuan mengenai UM-PTKIN 2023 bisa diakses melalui laman https://um.ptkin.ac.id/ Selamat ujian dan semangat!

Reporter : Jihan Nur Setyo R 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo