Manfaat Chia Seed untuk Diet


Belakangan chia seed sering ditambahkan pada berbagai makanan seperti smoothies, oatmeal, dan roti gandum. Ini membuat chia seed mulai populer di kalangan masyarakat. Tidak sedikit yang penasaran akan manfaat chia seed untuk diet.

Chia seed adalah biji tanaman berbunga Salvia hispanica yang masih merupakan anggota dari tumbuhan mint. Karena kandungan seratnya yang lebih tinggi dari biji-bijian lain, chia seed dianggap sebagai "super food" yang memiliki kemampuan untuk menurunkan berat badan.

Salah satu keunikan chia seed adalah lemak yang terkandung di dalamnya. Chia seed mengandung lemak tidak jenuh omega-3 dan omega-6 yang bisa mencegah penyakit jantung dan meningkatkan imunitas tubuh.

Selain itu, kandungan protein pada chia seed juga lebih tinggi daripada nasi, jagung, barley, dan oat.

Chia seed merupakan sumber vitamin B dan mineral yang baik. Kalsium dan potasium dalam biji ini lebih tinggi daripada susu sapi. Antioksidan seperti vitamin E, tokoferol, dan sterol juga terkandung dalam chia seed.

Meskipun ukurannya kecil, manfaat chia seed untuk kesehatan ternyata sangat besar. Chia seed bisa bantu menjaga kesehatan mata, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, serta menstabilkan kadar gula dan tekanan darah. Bahkan sifat anti peradangan yang dimiliki chia seed bisa mencegah penyakit stroke dan diabetes melitus tipe 2.

Penulis : Hilwa Sayyidatul Afifah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo