Tetap Sehat Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan merupakan yang di sambut bhagia oleh seluruh umat muslim. Pada bulan Ramadhan ini  kita berpuasa dari mulai terbit matahari sampai terbenamnya matahari, bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang penuh dengan Rahmat Aloh  dan bulan yang penuh dengan kemuliaan. Umat muslim selalu mendambakan bulan yang menjadi tamu special pada setiap tahunnya.

Berpuasa kita pastinya menahan lapar dan haus seharian, yang tentunya kita hasur lebih protektif terhadap Kesehatan kita terutama pada musim yang tidak menentu ini. Hal terebut merupakan salah satu cara supaya kitab isa tetap bisa melaksanakan aktivitas di bulan puasa ini dengan maksimal dan juga kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya.

Jika badan kita sehat dan tubuh kita bugar, bukankah meaksanakan puasa juga akan lancer, menjalankan aktivitas sehari-hari juga jadi tidak tergangu? Sefruit tips untuk menjaga Kesehatan di bulan Ramdahan ini, yang mungkin bisa untuk di coba.
1. Pilihlah Makanan yang Sehat
Memilih makanan untuk di konsumsi pada saat bulan puasa itu sangatlah penting, karena biasanya di bulan puasa ini kita kan mudah terhipnotis oleh makanan-makanan yang ditawarkan baik di social media maupun pada saat berburu takjil.

Jangan makan makanancepat saji, karena hal tersebut tidak baik.Terutama pada saat berbuka puasa biasanya kita langsung makan gorengan, hal tersebut tentunya tidak baik untuk tubuh kita. Sebaiknya pada saat berbuka kita mengutamakan minum air, sebagaimana Rasulullah menganjurkan kita berbuka dengan 3 biji buah kurma ataupun air putih.

Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, karena hall tersebut akan menyebabkan perut kita kaget sehingga menyebabkan asam lambung naik. Konsumsilah makana sehat supaya bisa memberikan asupan energi seperti, sayur-sayuran, makan yang mengandung serat, buah-buahan, dan lainnya.

2. Kurangi Minuman Manis dan Minuman yang Bersoda
Tips yng kedua yaitu, mengurangi minuman yang manis dan bersoda seperti, kopi, teh, boba, dan minuman bersoda. Penting sekali untuk memanajemen pengonsumsian minuman tersebut, maksimal di konsumsi dua kali dalam seminggu. Karena hal tersebut sebagai bentuk pencegahan serta meminimalisir supaya kamu bisa terhindar dari sakit kepala.

Perbanyaklah mengkonsumsi air putih untuk menghidrasi tubuhmu setelah seharian berpuasa. Kamu bisa minum air putih 4-10 gelas dalam sehari. Karena tubuhmu akan kekurangan cairan setelah seharian berpuasa.

3. Memberikan Tubuhmu Jadwal Tidur yang Cukup
Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia setelah seharian lelah beraktivitas untuk mengisi kembali energi. Tidur juga merupakan salah satu hal penting dalam menjaga Kesehatan di bulan puasa. Jangan digunakan untuk begadang apalagi digunakan untuk hal-hal yang tidak penting.

Begadang memang hal yang mungkin sudah melekat bagi kebanyakan orang, terutama para mahasiswa yang sedang dilanda tugas yang bertubi-tubi. Tetapi tetap saja tubuh membutuhkan durasi tidur yang cukup. Apabila dimalam hari kamu kurang cukup tidur maka kamu bisa menggunakan waktu di siang hari untuk tidur, dengan catatan bahwa tidur siangmu tidak menghambat aktivitas di siang hari.

4. Rajin berolahraga
Tips sehat Ketika puasa selanjutnya yaitu dengan berolahraga. Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang bisa membantu kamu untuk menyirkulasi oksigen dalam tubuh. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, karena itu akan membuatmu cepat lelah dan haus, tetapi kamu bisa berolahraga ringan seperti dengan berjalan santai yang biasanya di lakukan selepas solat subuh.

Adapun tips olahraga buat kaum mager yaitu dengan melakukan beberapa gerakan-gerakan dasar, daan tentunya bisa kamu lakukan dirumah saja tanpa harus keluar. Tidak berlu olahraga terlalau lama, kamu bisa melakukannya dengan durasi 20-30 menit saja.

Nah itulah beberapa tips untuk tetep sehat selama bulan Ramadhan, semoga tips-tips diatas bisa berguna buat kamu yang ingin tetap sehat dan beraktivitas dengan lancar di buan Rmadhan ini. Lakukan dengan tepat dan rutin selama bulan Ramadahan ini, InsyaAlloh kamu akan tetap sehat sehingga aktivitas harian kamu tidak akan terganggu.




Oleh : Keukeu Eva Fitriani 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo