Hikmah Di Balik Datangnya Pancaroba

Bagi Sebagian orang pancaroba sering kali dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan datangnya. Tapi dibalik itu semua datangnya pancaroba memiliki hikmah yang terkandung di dalamnya, karena sesuatu yang diturunkan oleh Allah itu semuanya memiliki hikmah di dalamnya yang mungkin tidak kita ketahui bersama.

Hikmah yang pertama yaitu, kita senantiasa harus bersyukur dalam setiap keadaan apapun baik dikala musim hujan, kemarau maupun musim pancaroba ini. Karena jika musim di dunia ini hanya satu maka kita akan menderita. Contohnya jika di dunia ini hanya ada musim hujan saja, maka setiap hari rumah kita akan banjir dan jalanan semua akan penuh dengan air dan kita tidak bisa beraktivitas secara normal. Begitu pun sebaliknya jika hanya ada kemarau saja mungkin kita akan hidup kekeringan dan tidak ada air sedikit pun.

Hikmah yang selanjutnya adalah, kita senantiasa dituntut harus terus menjaga kesehatan, baik dari pola makan sehat, pola tidur teratur, dan sebagainya. Sebenarnya pola hidup sehat ini harus diterapkan setiap hari bukan hanya saat musim pancaroba saja. Namun lebih ditekankan ketika musim pancaroba tiba maka harus benar-benar mempersiapkan diri kita agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang tersebar saat musim pancaroba tiba.

Hikmah yang terakhir adalah kita senantiasa harus berprasangka baik terhadap apapun itu, jika dirasa kita sudah menjaga kesehatan dengan sangat baik dan juga menerapkan pola hidup sehat tapi kita masih terkena penyakit di musim pancaroba, maka berprasangka baiklah mungkin ini sesuatu yang telah Allah berikan yang terbaik untuk kita, maka dari itu nikmatilah dan jangan lupa senantiasa berprasangka baik di segala keadaan baik keadaan suka maupun duka, sehat atau pun sakit.

Maka dari itu, hikmah-hikmah tersebut sebisa mungkin harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita, dalam setiap keadaan dan kondisi apapun. Jika kita sudah bisa menerapkan hikmah tersebut maka pasti kita akan terjaga dari penyakit di musim pancaroba. Jika misalnya terkena pun, kita tidak akan mengeluh dengan keadaan dan senatiasa berprasangka baik.


Faishal Fadhilah
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat
faishalfadhilah77@gmail.com


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo