Ironi Kenakalan pada Remaja

Kenakalan remaja pada dasar nya merupakan bentuk permasalahan sosial dan juga penyimpangan sosial yang bertentangan dengan norma dan adat istiadat  di dalam sebuah masyarakat. Biasanya kenakalan remaja ini didominasi oleh berbagai kalangan anak SMP, SMA dan yang lainnya. Hal ini tentunya dikarenakan banyaknya yang berpendapat jika memang benar remaja SMP dan juga SMA lah yang paling sering dan rentan melakukan tindakan penyimpangan ini.
Dikarenakan pada usia ini, seorang remaja masih sangat labil dan masih mudah terpengaruh oleh hal-hal dari pihak luar, baik positif maupun negatif. Namun pada hal ini pada dasarnya faktor negatif inilah yang membuat paling cepat masuk kedalam perbuatan atau sikap remaja.
Seorang remaja tentunya memiliki rasa keingintahuan yang besar sehingga terkadang mereka sangat menyukai dan mencoba hal-hal baru tanpa memikirkan dampaknya terlebih dahulu apakah itu baik atau buruk. 
Banyak juga pendapat yang menyebutkan bahwa di usia remaja ini seseorang cenderung tidak suka berpikir panjang dalam mengambil keputusan. Bentuk dari kenakalan remaja saat ini seperti meminum minuman keras, tawuran, seks bebas, bahkan sampai pada tindakan yang tentunya dapat merusak moral anak bangsa yakni penyalahgunaan narkotika atau narkoba. 
Banyak yang mengatakan juga bahwa kenakalan pada kalangan remaja ini terjadi karena akibat dari adanya berbagai faktor misalnya faktor keluarga, lingkungan, dan pergaulan yang salah.
Sering kali dalam pergaulan dapat menjadikan berubah nya jati diri seseorang remaja misalnya remaja yang memiliki kepribadian pendiam menjadi mempunyai sifat pembangkang. Hal -hal yang negatif inilah yang harus dijauhi oleh para remaja.
Solusi dari persoalan-persoalan ini yang menjadikan penyebabnya dalam bentuk kenakalan remaja tersebut yaitu perlu adanya perhatian yang khusus serta pemahaman yang sangat baik dan juga penanganan yang harus tepat terhadap remaja saat ini karena itu semua merupakan faktor penting bagi keberhasilan dan keberlangsungan hidup remaja di kehidupan selanjutnya, mengingat pada pergaulan saat ini yang merupakan masa yang paling menentukan.
Selain itu juga tentunya perlu adanya kerjasama dan kesadaran dari remaja itu sendiri, pihak orang tua, keluarga, guru dan pihak-pihak lain yang terkait agar bisa membantu perkembangan remaja di bidang pendidikan dan juga di bidang-bidang yang lainnya yang dapat dilalui secara terarah, terstuktur, sehat dan bahagia.

Mike Ayu Anjani
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Instagram : Mayuanjani10

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo