Memahami Merupakan Suatu Hal Manusiawi

Manusia lahiriahnya mempunyai perasaan dalam dirinya, seperti perasaan kasih sayang, bahagia, rindu, sedih, kecewa, dsb. Jadi wajar kalau kita mengalami rasa yang tadi disebutkan, apalagi manusia sejatinya adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan atau tanpa adanya kehadiran orang lain di sisinya. Manusia akan terus hidup dengan perasaannya yang pasti berubah-ubah setiap harinya.

    Dalam kehidupan, manusia diajarkan untuk memahami, memahami orang lain, memahami pelajaran, memahami kehidupan, memahami keadaan, dan memahami bacaan yang kita baca seperti koran, majalah, jurnal, website-website, dan buku-buku yang disukainya. Tidak sedikit orang yang salah memahami, terutama dalam memahami apa yang dibacanya. Apakah salah hal tersebut salah?.

    Di sekolah ketika pelajaran sering kali kita salah memahami, tidak apa-apa itu hal yang wajar. Tetapi setelah hal tersebut kita harus mencari tahu kebenarannya. Apakah ketika tidak tahu bahwa hal tersebut salah dan kita langsung berbicara itu salah? Dalam hal pelajaran yang seperti itu benar-benar saja atau sah-sah saja karena termasuk dalam proses pembelajaran, tetapi alangkah lebih baiknya lagi ketika tidak tahu lalu langsung mencari kebenaran pemahamannya.

    Pada kehidupan sehari-hari perlu adanya saling memahami satu sama lain. Ketika kita salah memahami orang lain hasilnya akan menjadi kesalahan, apalagi langsung mengumbar pemahaman yang salah itu kepada orang lain. Setelah itu biasanya permusuhan terjadi, tidak akan ada beresnya sampai benar-benar kalian tahu dan memahami bahwa hal tersebut salah dan hal tersebut menyakiti perasaan orang lain.

    Sama halnya dengan pemahaman membaca, dalam membaca apapun dianjurkan untuk memahami konteks nya. Membaca dengan memahami konteks nya akan membuat pengetahuan kita meluas dan berisi, lain halnya dengan membaca tetapi tidak paham konteksnya lalu dibicarakan kepada orang lain sama saja dengan menyebarkanluaskan hoax yang berujung pada kebencian yang salah atau salah paham. Ingat memahami itu tidak sulit karena memahami adalah suatu hal yang manusiawi.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo