Pentingnya Jaga Kesehatan Setelah Lebaran

Lebaran merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam, dihari yang spesial itulah umat muslim membangun moment terindah. Seperti mudik ke kampung halaman, ngumpul bersama orang-orang terkasih, dan menyantap hidangan lezat yang bisa dinikmatin selama hari raya.  

Biasanya hidangan yang selalu disajikan saat lebaran ialah ketupat, opor ayam, nastar, hingga makanan lain yang menjadi ciri khas daerah.

Tidak heran, makanan yang dapat menggugah selera membuat nafsu makan menjadi meningkat. Dimoment seperti inilah yang bisa mengakibatkan kenaikan berat badan atau  imun tumbuh menjadi tidak stabil bisa jadi mengalami gangguan kesehatan. Untuk mencegah hal yang tidak mengenakan setelah lebaran, yuk simak tips berikut ini!

Tips hidup sehat setelah lebaran

1. Memperbaiki pola makan dan minum
Makanan yang disajikan pada saat lebaran memang berbagai macam, biasanya selesai puasa selama 29 hari membuat nafsu makan kita meningkat. Segala jenis makanan ingin dilahap. Hal itu membuat pola makan menjadi berantakan, Tidak heran jika tidak memperhatikan kondisi kesehatan.
Padahal, bisa loh menghindari berbagai gangguan kesehatan setelah lebaran. Seperti memperhatikan asupan makanan.
Pastikan untuk mengomsumsi makanan sehat untuk menurunkan resiko keluhan sakit pada saat setalah lebaran. Makanan lebaran biasanya memiliki kandungan lemak, satan, dan pedas hal itulah yang perlu diwaspadai.
Selain itu juga perbanyaklah konsumsi sayur dan buah. Hindari mengkonsumsi makan cepat saji atau junk food setelah lebaran. Dan yang paling penting pastikan kamu selalu minum air putih yang banyak, karena air putihlah yang baik untuk pencernaan tubuh.

2. Melakukan aktifitas olahraga
Seseorang cenderung malas ketika berolahraga, terlebih setelah berpuasa selama sati bulan penuh. Biasanya dikarenakan puasa seseorang menjadi sering bermalas-malasan, karena tidak ingin menguras energi. Saat lebaranpun, cendurung banyak makan tanpa berolahraga. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, kesehatan mungkin akan terganggu.
Oleh karena itu, puasa selasai, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga. Sebaiknya kita berolahraga secara rutin, untuk menjaga kesehatan kita menjadi bugar setelah berpuasa. Untuk memulainya bisa melakukan olahraga yang ringan. Seperti jogging, atau melakukan stretching didepan rumah. Setalah terbiasa dengan kegiatan ringan, bisa dilanjutkan dengan olahraga yang dirasa berat.

3. Periksa kesehatan
Melakukan periksa kesehatan merupakan sesuatu yang bijak, jika berkaitan dengan kolesterol, gula darah, ataupun tekanan darah. Dengan mengetahui kesehatan hasil pemeriksaan, tentunya bisa mencegah penyakit semakin memburuk dengan pengobatan tepat oleh dokter.

Hafadlah Triananda
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Komunikasi Penyiaran Islam
Hafadlah2002@gmail.com
@Triianandaa_

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo