Pseudo Community

Pseudo Community itu merupakan komunitas yang semu atau palsu. Karena dalam pseudo community kita berinteraksi dalam ruang virtual dan para peneliti sering menyebutnya dengan fase yang biasa disebut fase bulan madu, dimana di fase ini tiap anggotanya merasakan kenyamanan serta kemudahan dalam berbagai interaksi nya terhadap orang lain dalam bingkai virtual. Jadi singkatnya pseudo community ialah sekumpulan manusia yang saling berinteraksi dalam bingkai virtual melalui dunia maya.

Di zaman sekarang memang banyak terdapat pseudo community dalam masyarakat. Sarana fasilitas internet yang dimiliki memang sudah cukup untuk masyarakat mengakses beberapa informasi yang serba instan dan cepat, tak terkecuali media sosial yang umum digunakan oleh masyarakat di era globalisasi ini. Memang seiring berjalannya waktu, mau tidak mau teknologi informasi komunikasi semakin berkembang pesat menjadi modern. Komunikasi menjadi seakan-akan tidak memandang jarak dan waktu, bahwasanya internet merupakan hasil dari perkembangan teknologi informasi dan komunikas yang sangat cepat dan serba praktis dan mudah sehingga pola komunikasi masyarakat menjadi tak terbatas.

Maka dari itu tak heran, seiring perkembangan sarana informasi dan komunikasi semakin cepat, berbagai inovasi muncul dan timbul diantaranya pseudo community ini. Hari ini masyarakat berbondong-bondong membuat sebuah komunitas-komunitas virtual tanpa adanya batas ruang, jarak dan waktu, yang besar kemungkinan ini baru terjadi di zaman sekarang ini, yang besar kemungkinan pula antar anggota dalam komunitas ruang virtual tersebut belum pernah dipertemukan secara langsung di dunia nyata atau dalam realitas kehidupan sosial nya secara langsung. Karena munculnya fenomena tersebut disebabkan oleh adanya kesamaan atau kemiripan serta kecocokan dalam cara interaksi masyarakat sehingga terbentuklah komunitas virtual ini.

Di era zaman sekarang berbagai macam berita bisa diakses dimana saja dan kapanpun tanpa terikat ruang dan waktu, tak terkecuali berita keislaman atau menyangkut tetang dakwah. Pengaruh yang cukup berdampak positif terhadap dakwah islam ini. Banyak sekali sumber atau referensi yang menjelaskan terkait dakwah. Dan yang terpenting banyak juga sekarang terdapat komunitas virtual dakwah yang di dalam komunitas tersebut terdapat orang yang berbeda-beda suku, dan ras namun mereka satu frekuensi dan saling membahas dan diskusi terkait dakwah, berikut berbagai dampak positif pseudo community terhadap pengaruh masyarakat Islam.

A. Dakwah menjadi semakin variatif dan fleksibel, disamping adanya berbagai kemudahan dalam hal teknologi untuk mencari referensi juga bisa menjadi bahan   diskusi untuk membahas terkait dakwah dengan orang lain dengan cara via chat atau telepon, tanpa harus mendatangi secara langsung orang tersebut.
B. Memudahkan mencari informasi upadate terkait berita islam baik dalam lingkup regional maupun informasi secara global terkait keadaan umat Islam hari ini yang bisa diakses secara mudah.
C. Media komunikasi dan informasi bisa lebih mudah dan efektif untuk sarana dakwah atau hanya sekedar mencari informasi.
D. Problem masyarakat semakin banyak dan komplit, namun disamping itu bisa semakin mudah juga untuk mencari solusi agar keluar dari permasalahan tersebut.
E. Mengakibatkan perkembangan atau evolusi dari bentuk masyarakat tradisional yang sederhana, homogen menjadi masyarakat perkotaan yang rumit dan heteregon, karena akibat dari pengaruh pseudo community.

Faishal Fadhilah
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat
faishalfadhilah77@gmail.com
Instagram : @shalfadhil 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo