8.956 CJH Dari Jabar Akan Berangkat Dari Bandara Kertajati, Berasal Dari Ciayumajakuning dan SuSu

Sebanyak 8.956 calon jemaah haji (CJH) asal Jawa Barat dipersiapkan akan diberangkatkan melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

 

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Ajam Mustajam saat menghadiri kegiatan bimbingan manasik tingkat Kabupaten Majalengka, Senin (8/5/2023).

 

Ajam mengatakan bahwa ribuan jemaah itu berasal dari wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan). Ada juga tambahan dari wilayah SuSu (Subang-Sumedang).

 

Menurut Ajam, sampai saat ini pihaknya masih melakukan berbagai persiapan, sehingga saat tiba waktunya nanti akan berjalan dengan baik.

 

"Ada yang berangkat juga Bandara Kertajati yang asrama hajinya di Indramayu itu sebanyak 24 kloter dengan jumlah 8956."

 

"Insyaallah persiapan sudah siap, walaupun ada sedikit kekurangan, itu sedang persiapan perbaikan dan insyaallah pada waktunya akan berjalan dengan baik."

 

"Para jemaah yang berangkat dari Kertajati itu ada istilah Ciayumajakuning (Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan)."

 

"Jadi Ciayumajakuning itu Cirebon, Cirebon, Kuningan, Indramayu dan Majalengka ditambah sekarang ada dua, Susu (Subang-Sumedang)," ujarnya.

 

Selain dari Bandara Kertajati, kata dia, CJH asal Jawa Barat juga akan menggunakan lokasi lainnya untuk berangkat ke tanah suci.

 

Lokasinya dari Cengkareng yang pemberangkatan awalnya dari asrama haji Bekasi.

 

"Kalau dari asrama haji Bekasi itu sebanyak 37 kloter," ucapnya.

 

Adapun nantinya, lanjut Ajam, pemberangkatan dari Bandara Kertajati sendiri per harinya hanya satu kloter.

 

Ke depan, penambahan jumlah kloter akan ditambah melalui jemaah asal wilayahnya sekitar Jawa Barat.

 

"Kemungkinan Kertajati itu dan asrama haji Indramayu itu bukan hanya memberangkatkan jemaah haji Jawa Barat, kemungkinan akan memberangkatkan juga wilayah-wilayah yang dekat dengan Kertajati."

 

"Lebih dulu Bekasi yang berangkat, Bekasi tanggal 23 Mei, 4 hari ke depan baru Kertajati," jelas Ajam. (Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto)

 

Reporter : Febrina Nurul Hidayah

Sumb. Tribun Jabar

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo