Apa Saja Sih Makanan Khas Kabupaten Bandung Barat?


Salah satu kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Bandung Bandung Barat (KBB) memiliki kekayaan kuliner sangat melimpah. Hampir masing-masing tiap kecamatan di KBB memiliki produk makanan yang khas. 

Aneka makanan khas Bandung Barat memiliki tatacara tersendiri dalam pembuatannya dan memiliki keunikan rasa serta keunikan pada tekstur makanannya.

Jadi, tak hanya sekedar dinikmati sendiri, aneka makanan khas Bandung Barat ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk saudara atau kerabat.

Lantas apa saja makanan khas Bandung Barat? Berikut  7 jenis makanann khas yang ada di KBB:


1. Peuyeum atau Tape


Tpe adalah kudapan yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan pangan berkarbohidrat sebagai substrat oleh ragi. Di Indonesia dan negara-negara tetangganya, substrat ini biasanya beras ketan dan umbi singkong. Ragi untuk fermentasi tapai merupakan campuran beberapa mikroorganisme, terutama fungi (kapang dan jamur), seperti Saccharomyces cerevisiae, Rhizopus oryzaeEndomycopsis burtoniiMucor sp., Candida utilisSaccharomycopsis fibuligera, dan Pediococcus sp.

Produksi tapai biasanya dilakukan oleh industri mikro, kecil, dan menengah. Dan pembuatan peuyeum di Kabupaten Bandung Barat terletak di tiga desa yakni Gunungmasigit, Citatah, dan Cipatat Kecamatan Cipatat.


2. Wajit


Wajit adalah suatu makanan sejenis kue Wajik. Makanan ini terbuat dari beras ketan, gula merah dan kelapa yang dimasak menjadi satu. Wajit merupakan oleh-oleh asli Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Dan biasanya makanan khas ini selalu menjadi hidangan tradisional khas pernikahan.


3. Sate Kelinci


Jika Purwakarta punya sate terkenal bernama Maranggi, Kabupaten Bandung Barat memiliki makanan khas yakni sate kelinci. Penjual sate kelinci di Kabupaten Bandung Barat berderet sepanjang jalan menuju Lembang.


4. Gurilem


Gurilem dalam bahasa sunda berarti gurih atau pelem. Hal itu mengacu pada rasa dari gurilem. Panganan ini bisa dikonsumsi sebagai camilan, pelengkap lauk pauk, atau dicampur dengan makanan berkuah. 

Cemilan berjenis kerupuk dengan rasa gurih, asin, dan pedas ini diproduksi di kecamatan cihampelas dan cililin.


5. Bolu Susu Lembang


Bolu susu Lembang adalah salah satu produk kuliner Kabupaten Bandung Barat, sebagai oleh-oleh khas yang tersohor. Tujuan utama pemiliknya menggunakan nama Bolu Susu Lembang untuk memperkenalkan bolu kukus bercita rasa Bandung yang berbahan dasar susu.


6. Opak Kolontong


Makanan khas ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk halus, dikukus, dan dikeringkan. Setelah kering, kemudian di bakar di atas bara atau digoreng tanpa minyak menggunakan media pasir. Makanan ini berbentuk bulat seperti kerupuk namun rasanya manis. Dan makanan khas ini berasal dari Kecamatan Cipongkor, KBB.


7. Kicimpring


Kicimpring adalah olahan makanan yang terbuat dari olahan singkong, yang mana memiliki variasi rasa yang beragam, dari mulai rasa gurih, asin, manis, pedas, dan merambah ke rasa rasa yang lainnya. Begitu pula kicimpring kadang disebut pula kerupuk singkong. 

Pembuatan dan penjualan kicimpring di Bandung Barat terletak di Kampung Babakan Bandung, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang.


Nah, itulah 7 makanan khas KBB. Kira-kira makanan mana yang kalian suka? 


Fakhri Wahdan Mubarok

fakhriwahdan91@gmail.com

UIN SGD Bandung

instagram.com/si.aydan

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo