Indra Sjafri, Pelatih yang Bawa Timnas Indonesia Juara di 3 Ajang Berbeda

Coach Indra Sjafri menjadi satu-satu nya pelatih yang telah membawa Timnas Indonesia menjadi juara di 3 ajang bergengsi sepakbola yang berbeda. Yang terbaru saja, Indra Sjafri berhasil membawa Timnas Indonesia U-22  mendapatkan gelar juara di ajang SEA Games 2023 edisi ke-32 yang diadakan di Kamboja.

Kepastian itu didapatkan setelah Garuda Muda dengan julukan Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Tim nasional Thailand U-22 dengan cara dramatis pada babak final SEA Games 2023, Selasa (16/5/2023) malam WIB. Bermain di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, tim besutan dari Indra Sjafri itu berhasil menang dengan skor 5-2 atas Thailand U-22 melalaui perpanjangan waktu.

Dengan hasil ini, menjadikan Timnas Indonesia U-22 di bawah naungan Indra Sjafri berhak mendapatkan gelar juara atau dapat meraih medali emas SEA Games 2023. Ini adalah medali emas ketiga Indonesia di ajang sepakbola SEA Games, sejak terakhir kali, medali emas ini berhasil dibawa kembali pulang ke Tanah Air adalah pada SEA Games 1991 Filipina.

Selain itu juga, Indra Sjafri juga pernah berhasil membawa Timnas Indonesia U-22 menjadi juara pada Piala AFF U-22 2019 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, pada tanggal 26 Februari 2019. Mulanya, Timnas sepakbola Indonesia U-22 lolos ke semifinal sebagai runner-up Grup B Piala AFF U-22 2019 di bawah peringkat tuan rumah Kamboja.

Tim dibawah naungan Indra Sjafri ini sukses mengalahkan Thailand U-22 dengan skor 2-1 pada babak final lewat gol yang berhasik dicetak oleh Sani Rizki dan Osvaldo Haay. Dengan hasil  itu, Indra Sjafri lagi-lagi berhasil membawa Timnas sepakbola Indonesia U-22 juara Piala AFF U-22 2019.

Kemudian, Indra Sjafri juga pernah sukses membawa atau memberikan gelar juara kepada Timnas Indonesia U-19 menjadi juara Piala AFF U-19 2013. Di bawah racikan kepintaran san tangan dingin Indra Sjafri, pemain timnas Indonesia seperti Evan Dimas dan kawan-kawan berhasil mengembalikan senyum manis dan kebahagiaan di wajah para penggermar sepakbola tanah air pada saat itu.

Dengan demikian telah menjadikan Indra Sjafri sebagai satu-satunya pelatih sepakbola tim nasional Indonesia yang dapat membawa Tim nasional sepakbila Indonesia juara di 3 ajang berbeda.


Ilham Rahmat Maulana

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

ilhamrahmatmaulana1@gmail.com 

Instagram: ilhamrahmatm


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo