Oleh-oleh Khas Majalengka Yang Wajib di Bawa Pulang

Sudah menjadi tradisi, ketika selesai liburan hampir semua orang menyempatkan waktu untuk belanja oleh-oleh khas daerah entah itu untuk keluarga, teman, tetangga, rekan kerja, atau untuk pribadi. Maka tidak heran, Majalengka memiliki banyak kuliner khas yang bisa di bawa pulang oleh para pengunjung.

Majalengka dikenal dengan sebutan kota angin. Kota ini memiliki destinasi wisata alam nan menawan dengan udaranya yang asri serta kaya akan kuliner khasnya. Dan sayang rasanya jika anda lewatkan.

1.        Jalakotek

Jalakotek adalah makanan khas masakan Sunda dari Majalengka, Jawa Barat. Makanan ini ditutupi kulit yang terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung tapioka. Bentuknya menyerupai pastel yang berisi tumis tahu dan wortel.

 

2.        Kecap

Kecap Majalengka ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Selain rasanya yang manis dan gurih, daerah tersebut juga menjadikannya sebagai ikon selain mangga gedong gincu.

 

3.        Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu merupakan salah satu ikon Majalengka selain kecap. Buah ini juga sudah di ekspor ke berbagai negara seperti Arab Saudi, Jepang, Korea dan lain sebagainya. Tidak sulit untuk menemukan penjual mangga gedong gincu.

 

4.        Gula Cakar

Kalau kecapnya saja luar biasa, gulanya pun begitu. Gula cakar pas banget jadi oleh-oleh khas Majalengka soalnya kalian hanya akan menemukannya di kota angin ini. Gula cakar berwarna merah muda dengan bentuk persegi yang berukuran 3 x 4 cm.

Gula ini merupakan hasil dari pecampuran gula putih dengan soda. Biasanya sih dipakai untuk membuat teh dan seduhan kopi dengan gula ini mudah sekali larut dalam air.

 

5.        Tutut

Tutut adalah sejenis keong yang memiliki ukuran kecil, tutut dimakan sebagai lauk, tapi tidak sedikit juga yang memakannya sebagai pencuci mulut karena dimasak dengan rempah-rempah untuk mengakhiri makanan.

 

6.        Oncom Goreng

Oncom goreng khas Majalengka berbeda dengan oncom goreng yang dijual di Bandung. Apabila oncom goreng Bandung bentuknya besar dan dilapisi dengan terigu, sementara yang di Majalengka bentuknya lebih kecil dan memakai bumbu serta bawang goreng. Oncom goreng ini enak dinikmati sebagai pendamping mie ayam atau bakso. Cukup mudah untuk menemukan oncom goreng ini karena dijual di pasar tradisional maupun toko oleh-oleh.

 

7.        Kaula Jeruk

Mungkin kalian merasa awam dengan kaula jeruk. Kaula jeruk merupakan manisan yang terbuat dari daging kulit jeruk bali biasanya dengan gula kawung atau gula merah, tapi sekarang banyak juga yang dibuat dengan gula pasir.

 

Reporter Febrina Nurul Hidayah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo