Mengenal Sosok Menkopolhukam

 


Prof. Dr. Mahfud MD (lahir pada 13 Mei 1957) adalah seorang politisi dan akademisi Indonesia. Ia lahir di Sampang, Jawa Timur. Mahfud MD memperoleh gelar sarjana hukum dari Universitas Islam Indonesia (UII) pada tahun 1982 dan melanjutkan pendidikan magister dan doktor di bidang hukum di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

 

Mahfud MD memiliki karier yang panjang di dunia akademik dan hukum. Ia menjadi dosen di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. Ia juga mengajar sebagai guru besar di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia sejak tahun 2002.

 

Di samping karier akademiknya, Mahfud MD juga aktif di bidang politik. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK) pada periode 2008-2013. Sebelum menjabat sebagai Ketua MK, ia juga menjadi Hakim Konstitusi di lembaga yang sama sejak tahun 2003.

 

Setelah menyelesaikan masa jabatannya sebagai Ketua MK, Mahfud MD terlibat dalam politik praktis. Ia menjadi anggota Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Pemilihan Umum Legislatif tahun 2014.

 

Pada tahun 2019, Mahfud MD diangkat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) dalam Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Sebagai Menko Polhukam, ia bertanggung jawab dalam merumuskan kebijakan terkait politik, hukum, dan keamanan di Indonesia.

 

Mahfud MD dikenal sebagai seorang intelektual dan ahli hukum yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang konstitusi dan hukum di Indonesia. Ia telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam perkembangan hukum dan politik di negara ini.

 

 

Hamidudin Nasir

CyberInsight

Hamidudinnasir26@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo