Pemanfaatan Lahan Menuju Desa Cibiru Hilir Mandiri

Bandung- Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung saat ini mulai menjadi area tinggi penduduk seiring pertambahan penduduk yang melonjak maka pemerintah Desa Cibiru Hilir membuat inovasi pemanfaatan lahan kepada masyarakat sekaligus membuat masyarakat agar Mandiri.

Seiring turun nya bantuan anggaran desa pada tahap kedua sesuai permintaan nasional pada saat ini nanti pemerintah Desa akan mengklarifikasi tentang bantuan anggaran itu bisa saja disesuaikan dengan undang-undang penggunaan anggaran dana desa Tahun 2022. Semua akan di alokasikan dan di sesuaikan dengan kebutuhan.

Guntur selaku Staff Desa mengatakan pemerintahan tidak boleh merekayasa dan membelok-belokkan yang sudah diatur undang-undang dasar.

"Kami pemerintah Desa dan pemerintah manapun tidak boleh merekayasa dan membolak-belokan semua yang sudah diatur Undang-Undang Dasar. Hanya itu yang menyesuaikan dengan kebutuhan karena literasi dari undang-undang dasar ini kan macam-macam," Ucap Guntur.

Di Desa Cibiru Hilir kerangkanya ini tidak ada nelayan, kerangkanya itu yang ada adalah pertanian maka di arahkan untuk ketahanan pangan. Ketahanan pangan ini seperti memberdayakan orang-orang untuk menghasilkan produk yang lebih baik, mutu tanaman yang lebih baik, serta inovasi menggunakan hidroponik sebagai jalan keluar dimana lahan-lahan sudah mulai berkurang karena menumpuknya pemukiman lahan ini berkurang.

Staff kantor Desa Cibiru Hilir menjelaskan bahwa kita juga harus berinovasi dengan cara menggunakan hidroponik yaitu lahan sempit di rumah-rumah untuk dijadikan produksi.

Desa Cibiru Hilir sudah memiliki kelompok yang baru dan akhirnya Desa menyediakan sebuah lahan atau tempat percontohan yaitu titiknya di salah satu RW di wilayah Desa itu supaya nanti dari mereka itu setelah Desa dukung dengan anggaran mereka bisa mentransfer dengan wilayah-wilayah lain dengan kemampuan anggaran yang dimilikinya masing-masing.

Desa hanya menstimulan kegiatan itu pelaksanaan hidroponik itu terjadi pada tahap kedua kemarin. Selain hidroponik juga termasuk ada anggur. Anggur juga Desa support untuk anggarannya sehingga Guntur selaku staff Desa mengatakan hidroponik bagus untuk penghasil sayur-mayur sebagai ketahanan pangan dan anggur banyak manfaatnya.

"Hidroponik sebagai penghasil sayur-mayur masuk akal karena untuk ketahanan pangan. Selain itu anggur karena arahnya itu budi daya anggur untuk multivitamin bisa dijadikan sebagai sarana obat, sarana produksi lain juga misalkan Kismis lalu dilihat dari ingredientnya atau rempah-rempahnya ternyata anggur itu akarnya, daunnya dan buahnya itu bisa bermanfaat yang akhirnya mendominasi," Ucap Guntur.

Akhirnya budidaya anggur itu dilakukan dan termasuk estetika karena dalam sebuah perumahan itu di dalamnya ada anggur itu seperti lebih mewah karena Cibiru Hilir ini termasuk area tinggi penduduk pertambahan penduduk yang tinggi terjadi pergeseran antara pertanian menjadi pemukiman bisa terjadi, walaupun memang ada beberapa keluar masuk jumlah penduduk terjadi mutasi itu pasti.

Tetapi yang jadi tumbuh perubahan ada beberapa wilayah sudah ada perumahan, pengembang akhirnya yang menggerus ruas lahan pertanian menjadi lahan pemukiman.

Maka nya arahnya tadi ketahanan pangan. Agus menambahkan bahwa perlu ketahanan pangan ini nanti diharapkan melalui wadah BUMDes itu terjadi perputaran produksi. BUMDes sendiri memproduksi juga yaitu peternakan telur ayam, penghasilan dari peternakan telur ayam bumdes tersebut dijual ke masyarakat dan itu diharapkan bisa menuju menjadi Desa Cibiru Hilir desa yang mandiri.

Maghrisul Akhiroh Syam
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
maghriselsyami@gmail.com
ig @maghrissyam

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo