Temu Pendidik Nusantara X Akan Digelar di 50 Daerah



 

Jakarta - Pembukaan Temu Pendidik Nusantara (TPN) X resmi dibuka Minggu, 28 Mei 2023 di Aula PDS HB Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Selanjutnya, rangkaian konferensi pendidikan TPN X akan digelar di 50 daerah sepanjang Juli hingga Agustus 2023, termasuk di daerah 3T.
TPN X di 50 daerah akan berlangsung antara lain di Jakarta, Tangerang, Banyuwangi, Karangasem, Sekadau, Melawi, Ende, Pinrang, Hulu Sungai Tengah, Samosir, Maros, Sinjai, Wajo, Bone, Makassar, Pontianak, Jombang, Pasaman, dan Pangkajene Kepulauan.

Khusus pendidik yang tidak berdomisili di 50 daerah tersebut bisa mengikuti secara daring. Adapun puncak TPN X akan dihelat pada Oktober 2023 secara hybrid.


Ketua TPN X Nur Kholis Makki berharap agar konferensi TPN X di 50 daerah bisa menjadi wadah efektif bagi penggerak perubahan pendidikan, meningkatkan partisipasi tiap penggerak dari berbagai daerah dalam mengembangkan ekosistem pendidikan, serta menjadi wadah kolaborasi. Ia mencatat, TPN tahun lalu diikuti peserta yang berasal lebih dari 100 kabupaten/kota.

Makki menuturkan, TPN X juga terbuka bagi siapa pun yang memiliki perhatian di bidang pendidikan untuk terlibat menjadi pembicara hingga mitra.

Ia juga menargetkan 2.000 pembicara untuk mengisi rangkaian TPN X. Makki menuturkan, target ini merupakan wujud keyakinan bahwa pendidik bisa belajar dari siapa saja. Ia menjelaskan, pendidik tidak harus belajar dari expert, melainkan juga belajar dari sesama pendidik yang telah berhasil menerapkan praktik pembelajaran tertentu.

"Indonesia dari Sabang sampai Merauke, tiap daerah memiliki keunikan dan tantangannya masing-masing. Belajar dari pendidik lain yang menghadapi konteks yang sama, sehingga mendapatkan inspirasi yang sesuai," tuturnya dalam Pembukaan TPN X.

Koordinator TPN X di Pangkajene Kepulauan (Pangkap), Sulawesi Selatan, Dian Rahayu, berharap, TPN X perdana di Pangkap bisa menjadi titik balik perubahan pendidikan di daerahnya.

Dian menuturkan, implementasi Kurikulum Merdeka dan kompetensi literasi masih menjadi tantangan berat bagi pendidik di Pangkap. Pendidik yang mau terus belajar merupakan kunci dari perbaikan kondisi yang menantang itu.

"TPN bisa jadi momentum penting untuk merangkul dan mempertemukan guru dan pemerhati pendidikan. Kita bisa berdiskusi membicarakan keresahan sebagai guru dan mencari solusi atas itu," jelas Dian.

"Semoga semakin banyak rekan pendidik yang terbuka paradigmanya untuk selalu banyak belajar meskipun tanpa adanya perintah atasan atau hanya untuk mencapai syarat kenaikan pangkat, melainkan murni dari hati sendiri untuk belajar, agar dapat diterapkan di ruang kelas sesuai dengan kebutuhan murid" imbuhnya





Luthfiani Nurazizah/ Insight

dilansir dari detikedu,, "Temu Pendidik Nusantara X Bakal Digelar di 50 Daerah, Termasuk 3T" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6744972/temu-pendidik-nusantara-x-bakal-digelar-di-50-daerah-termasuk-3t.


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo