Pesona Mata Air Talaga Cisaladah

Kampung Ciparang, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, terdapat tempat pemandian yang berasal dari mata air pegunungan yang sangat jernih dan segar. Namanya Mata Air Telaga Cisaladah.


Lokasinya yang tersembunyi. Butuh waktu perjalanan yang cukup panjang dari pusat Kota Bandung, hampir 40 kilometer. Akses ke sana pun penuh rintangan. Harus melewati beberapa pegunungan dan perbuktikan.


Walaupun kolamnya berada di pelosok kampung dikelilingi perbukitan, namun pesonanya tak bisa dikesampingkan. Airnya jernih dan tampak berwarna biru kehijauan. Udaranya masih bersih, cocok untuk menyegarkan pikiran dan mengembalikan kondisi tubuh yang lelah dan tegang sehabis perjalanan. Biasanya, orang-orang yang datang ke sana adalah para pemuda setempat untuk berenang ataupun mandi.


Kolam pemandian alami itu sudah ada sejak tahun 1987. Awalnya, Telaga Cisaladah hanya berupa aliran mata air yang keluar dari celah hamparan batu. Jumlahnya bukan satu atau dua, melainkan ratusan.


Kemudian warga setempat membuat dinding agar airnya tertampung namun tetap dialirkan ke sungai dan air terjun mini di bagian bawahnya sehingga bisa mengairi kebun-kebun warga di sisi lain bukit yang mengelilingi Telaga Cisaladah.


Telaga Cisaladah memiliki arti danau atau kolam di pegunungan yang berada di aliran sungai yang di sekitarnya tumbuh tanaman selada.


Berenang di mata air alami ini airnya sangat segar dan jernih. Untuk fasilitas, pengelola menyediakan warung untuk membeli makanan dan minuman. Selain itu, terdapat tempat parkir roda dua, saung untuk istirahat, toilet, dan tempat ganti pakaian.



Fakhri Wahdan Mubarok

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

fakhriwahdan91@gmail.com

instagram.com/si.aydan

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo