GUNUNG BAWAH LAUT PACITAN

Peristiwa alam sering mengejutkan kita. Kalaupun bisa dijelaskan secara ilmiah atau ilmu pengetahuan, seringkali membuat kita penasaran, bahkan menimbulkan kekhawatiran. Seperti baru-baru ini, Badan Informasi Geospasial (BIG) mengungkap penemuan gunung bawah laut di Pacitan, Jawa Timur.
Penemuan gunung bawah laut itu pun menarik perhatian masyarakat. Banyak orang yang penasaran dengan kemunculan level ini, namun juga menimbulkan rasa takut akan bahaya. Berikut informasi lengkap tentang Pegunungan Bawah Laut Pacitan.
Biasanya semua gunung di Indonesia memiliki data dan catatan mereka sendiri disimpan dengan pihak berwenang. Dari sejarahnya, sudah berapa banyak letusan yang terjadi. Namun, hal itu tidak terjadi ketika gunung-gunung itu ditemukan di Laut Pacitan. Pusat Penanggulangan Bencana Vulkanik dan Geologi (PVMBG) Badan Geologi di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengungkapkan, pihaknya tidak memiliki catatan tentang gunung tersebut dalam databasenya.
 Ini berarti gunung laut tidak disimpan. Oktory Prambada, koordinator vulkanologi Pusat Pengurangan Risiko Vulkanik dan Geologi (PVMBG) Departemen Geologi Kementerian ESDM membenarkan hal tersebut. Memang Gunung Bawah Laut Pacitan merupakan penemuan baru.
Sementara soal apakah gunung tersebut masih aktif atau tidak, Oktory belum bisa memastikan karena masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Tidak ada jejak gunung tersebut, jadi dia tidak bisa secara resmi menyampaikan status gunung tersebut.

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo