Mengenal Makna di Balik Idul Adha

Umat Muslim di seluruh dunia setiap tahunnya selalu menyelenggarakan dua hari raya diantaranya yaitu hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Sebagaimana yang diketahui bahwa sanya hari raya Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal setelah pelaksanaan puasa ramadhan selama satu bulan, sedangkan hari raya Idul Adha dilaksanakan tepat nya pada tanggal 10 Dzulhijjah. 

Seperti saat ini, pelaksanaan hari raya Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah tahun 1444 Hijriyah, bertepatan pada hari Kamis, 29 Juni 2023. Setiap umat Islam mengmandangan takbir sebelum hari raya beserta pelaksanaan shalat Idul Adha. Ciri khas dari hari Raya Idul Adha ini yaitu penyembelihan hewan kurban dengan kategori hewan yang telah disebutkan dalam QS. Al Hajj ayat 34 yang artinya bahwa hewan yang dapat dikurbankan adalah golongan Bahiimatul Al An'aam (hewan ternak), yakni unta, sapi, atau kambing. 

Namun apakah sudah mengetahui makna dari perayaan Idul Adha itu sendiri? Menurut bahasa, kata Idul Adha berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti hewan sembelihan. Sedangkan menurut istilah, Idul Adha diperingati sebagai hari raya umat Muslim di seluruh dunia, yang identik dengan penyembilah hewan kurban sebagai bentuk raya syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. 

Di dalam budaya Indonesia sendiri kata Idul Adha disebut juga sebagai Idul Haji, sebutan kata tersebut dikarenakan hari raya Idul Adha sendiri bertepatan pada bulan Dzulhijjah yang mana saat tersebut bersamaan dengan dilaksanakan ibadah haji. Sejarah singkat perayaan Idul Adha sendiri yaitu bersangkutan tentang peringatan kepatahuan dari Nabi Ibrahim dalam menjalankan perintah Allah SWT, untuk mengorbankan anaknya untuk disembelih. Dan perintah tersebut Allah sampaikan melalui mimpi Nabi Ibrahim, dalam Al-Quran surat As Saffat ayat 102.   


Indah Nurhayati
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Di kutip dari detik.com



Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo