Pengaruh Teman dalam Prestasi Belajar Siswa

Dalam kehidupan manusia dikenal dengan sebutan makhluk sosial. Hal ini juga terjadi dalam lingkungan sekolah. Tidak mungkin seorang siswa dalam sekolah tidak memiliki teman. Dalam memilih teman kita juga harus berhati-hati. Karena hal ini dapat mempengaruhi prestasi dalam pembelajaran. Ketika kita bergabung dengan seseorang teman yang rajin, jujur, disiplin, maka secara tidak langsung kita juga akan mengikuti kebiasaan baik dari mereka.

Sebaliknya, ketika kita bergaul dengan orang yang tidak disiplin, suka berbohong, malas maka kita juga akan mengikuti kebiasaan buruk dari mereka. Oleh karena itu kita harus teliti dalam memilih teman agar kita tidak terjebak dalam hubungan pertemanan yang tidak sehat. Dalam sebuah pertemanan juga ada hubungan timbal balik yang terjadi. Kita tidak boleh terus-menerus mengharapkan teman kita bersikap selalu baik. Kita juga harus menjaga sikap dan perkataan kita dalam sebuah pertemanan.

Karena bagaimanapun juga kita akan selalu membutuhkan teman dalam kehidupan. Maka dalam mengatasi permasalahan seperti ini kita juga harus berhati-hati agar tidak ada kata-kata yang menyinggung perasaan dari teman-teman lainnya.

Dari hal di atas dapat disimpulkan faktor prestasi belajar tidak hanya berpedoman dengan materi pembelajaran, akan tetapi pergaulan dalam pertemanan juga sangat mempengaruhi prestasi siswa. Ketika kita rukun dengan teman satu kelas, maka pembelajaran yang diberikan guru akan lebih mudah diterima, dan pembelajaran juga akan berlangsung dengan asyik. Dengan begitu dalam pembelajaran kita tidak akan mudah bosan dan semangat dalam belajar. Jangan lupa perbanyak teman agar lebih banyak pengetahuan dan lebih semangat dalam belajar.

Neng Ayu Lestari/KPI 6B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo