Tantangan Dakwah Bagi Para Da'i di Zaman Modern

Tantangan dakwah beraneka ragam bentuknya, selama ini kita
hanya mengenal dalam bentuk klasik; penolakan, cibiran, cacian, bahkan teror. Banyak para da'i mampu mengatasi dengan baik Karena didukung oleh niat yang kuat sebagai seorang pejuang.

Tantangan dakwah dalam bentuk ini menjawab tuntutan zaman diera modern, khususnya diera teknologi informasi dan komunikasi yang sudah mengglobal seakan dunia berada dalam sebuah genggaman kita.

Kegiatan dakwah akan dapat berjalan secara efektif dan efisien harus menggunakan cara-cara yang strategis dan tepat dalam menyampaikan ajaran-ajaran Allah SWT. Salah satu aspek yang
bisa ditinjau adalah dari segi sarana dan prasarana dalam hal ini adalah
media dakwah, karena dakwah merupakan kegiatan yang bersifat
universal yang menjangkau semua segi kehidupan manusia, maka
dalam penyampaiannya pun harus dapat menyentuh semua lapisan
masyarakat.

Para kader dakwah harus memiliki karakter yang kuat agar bisa
mensikapi berbagai tantangan tersebut dengan tegar. Kegiatan dakwah akan dapat berjalan secara efektif dan efisien harus menggunakan cara strategis dalam menyampaikan ajaran-ajaran Allah SWT.

Salah satu aspek yang bisa ditinjau adalah dari segi sarana dan prasarana yakni media dakwah, karena dakwah merupakan kegiatan yang bersifat universal yang menjangkau semua segi kehidupan manusia, maka dalam penyampaiannya pun harus dapat menyentuh semua lapisan. Yang terpenting disini adalah bagaimana tantangan dakwah dan problematika tersebut dapat segera diatasi dan dicari solusi jalan keluarnya sehingga kegiatan dakwah dapat berjalan dengan baik.

Oleh karena itu setiap kader dakwah harus selalu sadar dan waspada
terhadap perkembangan masyarakat dewasa ini sehingga masyarakat lebih sensitive atau peka terhadap lingkungan sekitar.


Ilham Rahmat Maulana

UIN SGD Bandung

ilhamrahmatmaulana1@gmail.com 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo