Tips Memasak Daging Kurban di Hari Raya Idul Adha

InsidghtCibermedia - Sebagian masyarakat muslim  di Indonesia tak sabar untuk menantikan peringatan hari raya Idul Adha. Kultur yang berada di Indonesia sendiri ketika datangnya hari raya Idul Adha memiliki ciri khas yaitu pembagian daging kurban kepada warga sekitar. 

Ada 3 cara yang dapat dilakukan agar daging kurban tidak memiliki bau anyir. Sehingga cara membersihkannya pun benar, simak tips yang dapat dicoba sahabat insight dirumah : 

1. Saat membersihkan daging tambahkan jerus nipis atau cuka
Cara ini mungkin paling banyak digunakaan saat membersihkan daging kurban, karena caranya yang simpel dan tidak menguras banyak pengeluaran uang maupun tenaga. 
Cara yang dilakukan dengan menggunakan jeruk nipis yaitu dengan cara merendam daging kurban dengan air lalu ditambahkan dengan perasan jeruk nipis atau cuka, tujuannya yaitu agar menghilangkan bau yang kuat dari daging itu sendiri. Setelah itu bersihkan dengan air bersih agar daging tidak terasa asam saat dihidangkan.

2. Menambahkan rempah-rempah
Cara ini pula terhitung menggunakan cara tradisional yaitu penambahan rempah-rempah. Tujuannya yaitu untuk memberikan aroma yang khas dan menyegarkan daging kambing tersebut. Beberapa rempah-rempah yang biasa digunakan yaitu bawang putih, jahe, ketumbar, lada hitam, kayu manis juga jintan. 
Caranya terhitung mudah yaitu dengan menabahkan bubuk rempah-rempah kedalam bumbu atau saus untuk memasak daging tersebut. Bisa pula dengan melumuri langsung rempah-rempah kepada daging tersebut.

3. Merendam dengan bumbu marinasi
Cara ini sama seperti cara yang pertama, yaitu merendam daging kurban dengan tambahan bumbu marinasi lalu didiamkan paling lama semalam dalam lemari es agar bumbu dapat meresap sempurna dan menambah rasa yang enak pada daging tersebut. Yang termasuk bumbu marinasi yaitu ada kecap, jahe, minyak zaitun, cuka apel, da rempah-rempah lainnya. 

Itu adalah beberapa tips yang dapat dijadikan cara agar daging kurban tidak memiliki bau yang kuat, semoga dapat membantu.


Indah Nurhayati
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Dikutip dari Liputan6.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo