Ubah Indonesia Dengan Udara Sehat

Insight Cybermedia, Jakarta- Indonesia dilaporkan sebagai negara dengan polusi terburuk ke-26 secara global. sempat, membaik ditahun sebelumnya, namun tetap menjadi yang terburuk seasia tenggara. Laporan polusi udara selama 2022 secara global ini dirilis IQAir, perusahaan teknologi berbasis di Swiss, Selasa (14/3/2023). Perusahaan ini setiap tahun melaporkan pencemaran PM 2,5.

Terlebih di bulan mei kemarin menjadi bulan kelabu bagi kualitas udara indonesia. langit di berbagai wilayah didominasi oleh warna abu-abu, yang merupakan ketebalan polusi.

Indonesia mencatat tingkat polusi regional tertinggi dengan enam kotanya masuk dalam 15 teratas untuk konsentrasi PM2.5 tertinggi. Termasuk Pasarkemis peringkat teratas di Provinsi Banten di Jawa, dan kota-kota besar Jakarta dan Surabaya menempati urutan keempat dan ketujuh dalam daftar daerah paling tercemar.

lalu, sebagai masyarakat yang mau peduli terhadap sekitar. apa yang harusnya dilakukan untuk mengurangi polusi yang kian hari makin memburuk agar membaik?

berikut Cara Mengatasi Pencemaran Udara
Pencemaran udara bukanlah masalah yang mudah untuk diatasi. Namun, Anda bisa berkontribusi dalam mengatasi pencemaran udara dengan cara ini.

1. kurangi penggunaan bahan yang sulit terurai
saat ini masyarakat sudah mulai menyadari bahayanya sampah terhadap lungkungan. seperti kaleng, plastik, kaca dsb bahan tersebut membutuhkan waktu lama untuk terurai. cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya ialah membawa kantong belanja sendiri hal ini sudah dilakukan oleh beberapa swalayan, lalu membawa tempat makan & minum sendiri, dan kurangi penggunaan sedotan.

2. kurangi rokok
asap rokok juga penyebab pencemaran udara. mengurangi rokok juga sangat pentng untuk menjaga kesehatan kita dan orang sekitar. asap rokonya menyebabkan pencemaran dalam ruangan yang lebih berbahaya dibandingkan diluar ruangan.

3. tidak membakar sampah
masih banyak masyarakat yang kurang kesadaran terhadap pencemaran lingkungan, dengan salah satunya masih ada yang suka membakar sampah. bahkan, tidak tanggung-tanggung membakar sampah dengan skala besar jika diperhatikan sering kita lihat di pinggir jalan atau pada tumpukan sampah di simpang jalan. karena membakar sampah adalah cara paling mudah untuk menghilangkan sampah. Maka dari itu, melakukan reduce-reuse-recycle adalah cara paling tepat untuk mengurangi sampah.


4. memasang alat penyaring udara
asap pabrik atau asap dari kawan industri merupakan salah satu penyumbang pencemaran udara terbesar. maka dari itu, pihak tersebut perlu memasang filter untuk menangkap debu dan membuat udara yang keluar menjadi bersih. bisa berupa pengendap silikon, filter basah, atau pengendap elektrostatis. bukan hanya padda pabrik saja yang harus menggunakan filter, dirumah-rumah bisa menggunakan alat elektronik canggih yang dapat menyaring udara
Air purifier

Dan masih ada lagi yang bisa di lakukan untuk mencegah pencemaran udara, perubahan akan terjadi jika konsisten dan bersabar.

Hafadlah Triananda
hafadlah2002@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo