Berburu Takjil Buka Puasa Di Kampus

Kerumunan mahasiswa berbaur dengan masyarakat sekitar memenuhi penjual takjil di sepanjang jalan menuju kampus UIN. Berbagai macam jenis takjil dijejerkan sebagai pilihan untuk menu berbuka puasa. Namun apakah yang dimaksud dengan takjil itu? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata takjil memiliki arti mempercepat dalam berbuka puasa. Kata ini berakar dari kata 'ajila dalam bahasa Arab yang memiliki arti menyegerakan, sehingga takjil bermakna perintah untuk menyegerakan untuk berbuka puasa. Maka dari itu yang dimaksud sebagai makanan takjil adalah jenis makanan yang dapat di santap dengan mudah untuk menyegerakan berbuka puasa.

 

Tak hanya jenis takjil yang biasa terlihat saat bulan Ramadhan, tetapi jajanan yang biasa dijual bukan pada saat bulan Ramadhan pun ikut meramaikan varian menu yang di tawarkan untuk dinikmati oleh mahasiswa dan masyarakat sekitar.  Tak heran lalu lintas jalan didepan kampus pun ikut ramai dan cenderung tersendat, hal ini dikarenakan banyaknya masyakarat yang membeli takjil menggunakan kendaraan sepeda motor tidak memarkirkan kendaraannya, namun langsung ikut mengantri untuk membeli takjil tersebut.

 

Bulan Ramadhan ini memberikan kesan tersendiri bagi para mahasiswa yang merantau dari kampung halamannya. Yang biasanya menyiapakan makanan berbuka puasa untuk keluarga dirumah, namun sekarang harus berburu menu berbuka puasa sendiri di tempat rantaunya. Momen ini dijadikan kesempatan untuk mendapatkan makanan berbuka karena biasanya para mahasiswa berburu membeli takjil atau mencari masjid atau tempat yang memberikan takjil secara cuma-cuma atau gratis.

 

Masyarakat sekitar yang sebagian besar memanfaatkan momen Ramadhan ini dengan berjualan berbagai macam makanan sebagai menu berbuka puasa, mulai dari cemilan hingga makanan berat beserta lauk pun ikut menjadi varian yang dijual. Tak heran mahasiswa dan masyarakat bercampur baur untuk mendapatkan menu makanan yang diinginkan saat berbuka puasa.

 

Es buah menjadi salah satu yang sangat diminati sebagai menu berbuka puasa. Selain rasa dinginnya yang menyegarkan, tetapi varian buah dan pelengkapnya yang digunakan sangat bervariatif, mulai dari buah melon, buah naga, alpukat, semangka, kelapa,mangga, nata de coco, cincau dan agar-agar menjadi daya tarik tersendiri.

 

Kayla Mumtaz Farhanah

Insight Cyber Media

Bandung

Kaylakay.2727@gmail.com

@kaylafarhanah

 

Sent from Mail for Windows

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo