Pesona pemandian Swimbath di Desa Bahapal

Pesona pemandian Swimbath di Desa Bahapal

 

Apakah anda sedang berlibur di kota Siantar atau Serbelawan? Belum lengkap rasanya jika tak sempat berkunjung ke pemandian Swimbath. Objek wisata berupa kolam dengan sumber mata air alami terletak di seputaran Bahapal, Kecamatan Bandar Huluan ini memiliki banyak pesona yang menanti untuk dinikmati. Kawasan pariwisata di Desa Bahapal ini tentu tak asing bagi warga lokal kecuali jika pengunjung berasal dari luar Simalungun. Pasalnya, pemandian alam tersebut memiliki dua nama panggilan lagi, yakni Sembat dan Swembat. Namun apapun identitasnya, tetap saja tempat rekreasi yang dimaksud adalah Swimbath.

Swimbath mempunyai arti berenang dan mandi. Nama itu diberikan oleh Belanda. Bahapal sendiri merupakan nagori (desa) di kecamatan Raya, Simalungun yang dulunya sempat dijadikan pemukiman warga Belanda. Untuk menuju ke arah Bahapal dimana Swimbath berada sangatlah mudah. Bagaimana rasanya berenang di kolam renang yang airnya berasal dari pegunungan? Yap, menakjubkan! Pengalaman seperti inilah yang ditawarkan oleh swembath di Bahapal.

Untuk memasuki tempat rekreasi alam ini, pengunjung perlu membeli tiket masuk yang boleh dikatakan sangat terjangkau. Pemilik cuma membanderol biaya goceng alias lima ribuan. Lantaran di rekreasi alam ini tidak ada fasilitas locker room alias tempat menyimpan barang, maka pengunjung disarankan untuk menggunakan pondok agar selalu nyaman tatkala berakhir pekan. Tetapi tak perlu kalau merasa keberatan, karena wisatawan tak diwajibkan menyewa pondok tersebut.

Berbagai daya tarik serta dibarengi dengan tata kelola yang baik menjadikan destinasi alam di Bahapal ini mempunyai banyak peminat. Pengunjung bisa masuk sesuai jam buka dari pagi hingga tutup pukul lima sore. Swembath dipenuhi kolam dengan mata air yang berasal langsung dari pegunungan. Sejak awal didirikan hingga sekarang tujuan utama pengunjung datang ke kolam renang Bahapal adalah untuk berendam sembari rekreasi.

Wisata swembath juga menawarkan berbagai macam kuliner. Keseruan bermain air bisa diakhiri dengan menikmati makanan atau minuman. Salah satu kelebihan dari swembath adalah banyaknya pondok kuliner yang berbaris di tepi kolam pemandian. Pengunjung juga tidak dilarang untuk membawa makanan ke dalam lokasi wisata sehingga dapat menghemat pengeluaran ketika sedang berlibur dengan keluarga besar. Jika kelupaan pun harga makanan dan minuman yang disediakan tergolong murah dan tidak akan menguras isi dompet.

Hindun Suaidah Dini Nasution

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo