Museum Digital Masjid Al-Jabbar Resmi Dibuka Untuk Umum


Bandung, Insight –  Seluruh warga bandung sudah bisa mengunjungi Museum Digital masjid Al-jabbar yang resmi dibuka untuk umum , tak hanya warga bandung luar kota pun bisa mengunjunginya.

Siapa saja yang ingin memesan tiketnya bisa melalui aplikasi sapa warga atau bisa juga mengecek ig dari masjid Al-jabbar tersebut. Tetapi kita tidak bisa langsung masuk kedalam museum tersebut dikarenakan terdapat sesi untuk masuk kedalam museum tersebut. Dan sebelum memasuki museum tersebut pengunjung dipandu oleh setiap petugas pandunya.

Isi dari museum digital tersebut menceritakan perjalanan Rasulullah membawa agama islam dan juga bagimana agama islam masuk dan tersebar di jawa barat. Sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin berwisata Religi, edukasi tentang agama islam dan tentunya gratis bagi siapa saja yang ingin berkunjung.

Ma'rodh atau galeri/ museuum Al-Jabbar ini memiliki luas 300m persegi, serta membutuhkan waktu satu jam untuk mengelilingi museum tersebut. Ketika masuk kita disuguhkan oleh video animasi sejarah kota makkah sebelum adanya islam setelah itu menceritakan kelahiran nabi yaitu tahun gajah, kemudian fase pra kenabian.

Adapula karakter nabi muhammad SAW terbentuk dalam dua fase yaitu fase menggembala dan fase Berdagang , fase pernikahan Nabi Muhammad SAW dengan Siti Khadijah dan bisa membaca di display yang telah di sediakan, adapula replika tempat tidur Rasulullah , serta maket rumah Siti Khadijah, replika perabot di dalam rumah nabi, cikal bakal kota makkah, proses pembuatan kakbah.

Ada juga instasi Gua Hira tempat turunnya wahyu pertama surat Al-Alaq 1-5 , fase dakwah sembunyi-sembunyi , fase dakwah terang-terangan , dan masi banyak lagi sejarah mengenai Rasulullah.

Penjelasan di museum tersebut sangat lengkap ditambah dengan fitur yang sangat menarik perhatian pengunjung , sehinggan waktu satu jam tersebut tidak terasa terlawati begitu saja dikarenakan keseruan didalam museum tersebut.

Dijamin pengunjung tidak akan menyesal dan akan terkagum-kagum dan akan merasa betah berada dimuseum tersebut , lebih seru lagi mengajak teman , saudara dan rekan-rekan sehingga dapat belajar dan mengetahui lebih dalam mengenai islam.

 

Resi Tri Rahayu Saripudin

Resitri1008@gmail.com

Instagram : Resitrr 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo