Tips Hadapi Pekan UTS

Mulai Senin, 10 April 2023 UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan memasuki pekan UTS. Tanggal ini sesuai dengan kalender akademik yang diberikan oleh pihak kampus. Pekan UTS semester genap dilaksanakan hingga Sabtu, 15 April 2023.

Meski belum ada surat edaran yang dikeluarkan oleh birokrasi kampus, menurut beberapa dosen, UTS akan tetap dijalankan mulai pekan depan. Adapun teknis pelaksanaannya sesuai dengan dosen mata kuliah masing-masing.
 
Sebelum menjalankan pekan UTS, kita harus mengetahui beberapa tips agar dapat menjalankan UTS dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Lalu, apa saja tipsnya? Simak ulasan di bawah ini!

1. Perhatikan Jadwal Ujian dengan Baik
Ada kalanya jadwal ujian kita tidak sesuai dengan jadwal mata kuliah biasanya, sehingga kita harus mengetahui dengan pasti mengenai tanggal dan waktu ujian, sehingga tidak akan tertinggal dan harus mengikuti ujian susulan.

2. Membuat Kelompok Belajar
Dengan adanya kelompok belajar, kita akan semangat dalam mengulas materi yang akan diujikan. Kita juga dapat bertanya ke teman apabila ada materi yang belum dipahami sehingga dapat saling membantu pada saat belajar.

3. Focus dan Mengetahui Bentuk Ujian dengan Baik
Tiap dosen tentu mempunyai mekanisme tersendiri dalam memberikan soal ujiannya. Kita sebagai mahasiswa harus mengetahui bentuk apa yang akan diujikan dalam satu mata kuliah. Apakah itu membuat makalah, proposal, jurnal, hingga praktik lapangan. Jika kita tidak mengetahui bentuk ujian, nantinya kita akan kebingungan dalam melaksanakan ujian tersebut.

4. Jangan Lupa Berdoa dan Minta Restu Orang Tua
Hal terakhir yang bisa dilakukan ketika sudah berusaha adalah meminta restu orang tua dan berdoa kepada Allah SWT. Apapun yang kita lakukan tetap atas doa dari orang tua kita. Maka dari itu jangan lupa untuk meminta restu dan selalu berdoa kepada Allah SWT.

Inilah beberapa tips yang bisa kalian lakukan sebelum memasuki pekan UTS. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam melaksanakan UTS di semester genap ini.

Reporter : Jihan Nur Setyo

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo