Libur Idul Fitri Berakhir, Santri Pondok Pesantren Al Ihsan Kembali Pengajian Reguler

Bandung – Pasca libur Hari Raya Idul Fitri 2023, Pondok Pesantren Al-Ihsan yang berada di Jalan Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung kembali jalankan kegiatan pengajian kitab kuning. Dilaksanakan kegiatan pembukaan pada hari Rabu (03/05/2023) di Masjid Al Mubarok. Para santri putra dan putri yang berasal dari berbagai daerah kembali ke Pondok Pesantren seiring kembali aktif perkuliahan di kampus.

Pembukaan pengajian yang dilaksanakan sebagai simbolis dimulainya pengajian regular dengan mengkaji kitab yang sudah di tentukan jadwal nya.

Pak Haji sebagai sebutan Pimpinan Pondok Pesantren Al Ihsan menyampaikan saat pembukaan pengajian regular bahwa santri harus dapat memanfaatkan waktunya melanjutkan amal baik selama Ramadan kemarin dengan kegiatan positif juga mengandung nilai pahala salah satunya tetap mengaji.

"Pondok Pesantren Al Ihsan memiliki cita-cita menjadikan satrinya sukses, maka para santri harus mencari dan berusaha memanfaatkan kegiatan positif yang berpahala dengan mengikuti pengajian reguler," katanya.

Pengajian reguler di Pondok Pesantren Al Ihsan mengkaji beberapa kitab kuning yang terbagi dari tiga kelas yaitu kelas satu yang terdiri dari mahasantri semester satu dan semester dua, kelas dua terdiri dari santri semester tiga dan empart dan kelas tiga yang terdiri dari mahasantri semester lima sampai diatasnya.  
Kitab-kitab yang dikaji diantaranya kitab Shohoh Muslim, Mihna Mugist, Jurumiyah, Taqrib. Ta'lim Mutaalim dan beberapa kitab lainnya.
Zamzam Mubarok selaku Presiden Organisasi Pondok Pesantren Al-Ihsan (OSPAI) merasa senang berjumpa kembali di pondok pesantren Al Ihsan dengan para santri dipembukaan pengajian.
"Akang Teteh santri saya senang sekali karena dapat berjumpa kembali di Pesantren dengan begitu akan kembali dilaksanakannya pengajian regular," katanya.
Presiden ospai menjelaskan bahwa pengajian merupakan program aktivitas kerja dari kementerian Pendidikan .
Azzam berharap mudah-mudahan dengan dibuka nya pembukaan pengajian menjadi pintu kebaikannya juga. Lanjut azzam menambahkan bahwa dengan dibukanya pengajian, dibuka juga seluruh aktivitas yang ada di Al IhsanIhsan seperti piket ronda, kebersihan, paket dan sebagainya. Ditutup dengan permohonan maaf setelah momen lebaran.
 
Maghrisul Akhiroh Syam
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
maghriselsyami@gmail.com
ig @maghrissyam

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo