Memaknai Dakwah Melalui Islam Itu Indah

 




Dakwah bukan hanya seruan-seruan ibadah semata. Pengertian dakwah lebih luas daripada itu. Dakwah bukan hanya tentang surga dan neraka. Makna dakwah tidak sesempit itu. Dakwah itu menyeru, mendidik dan membentuk manusia di bumi ini supaya menjadi lebih baik. Dengan dalil Al-Qur'an dan Hadits sebagai referensi para da'i dengan segenap niat luhurnya mengemban misi sejarah yang tidak pernah berakhir. Dakwah adalah misi yang akan terus berlanjut dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Saat ini media massa menjadi salah satu dari beragam media yang bisa digunakam untuk berdakwah. Kita bisa melihat betapa banyaknya stasiun televisi yang menyuarakan pesan-pesan Islam melalui beragam programnya. Salah satu yang paling banyak disukai adalah "Islam Itu Indah". Program ini secara khusus membahas dan mengangkat tema-tema keislaman.

Dakwah dalam acara ini disampaikan melalui berbagai segmen seperti ceramah agama, diskusi panel, dan wawancara dengan ulama atau tokoh- tokoh keislaman. Pesan-pesan yang disampaikan dalam segmen dakwah ini didasarkan pada ajaran agama Islam yang sahih dan berwawasan luas, dengan tujuan untuk membantu masyarakat memahami prinsip-prinsip agama menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Islam Itu Indah mengemas dakwah dengan sangat menarik, pembahasan yang disampaikan juga tidak hanya berorientasi pada masalah ibadah semata namun juga mencakup berbagai aspek kehidupan, seperti moralitas, hingga isu-isu sosial dan politik yang relevan. Hal ini membantu penonton untuk mendapatkan pemahaman yang holistik tentang agama Islam dan bagaimana menerapkannya dalam berbagai konteks kehidupan.

Secara keseluruhan, dakwah dalam acara "Islam Itu Indah" merupakan salah satu cara yang efektif dalam menyuarakan pesan-pesan agama Islam kepada seluruh lapisan masyarakat. Dengan pendekatan yang berimbang, komprehensif, dan inklusif, acara ini membantu membangun pemahaman yang baik tentang agama Islam dan mempromosikan nilai-nilai positif dalam masyarakat.

Selain itu melalui "Islam Itu Indah" masyarakat akan memahami bahwa makna dakwah itu luas. Dakwah tidak hanya tentang pesan dan aturan ibadah saja, bukan tentang neraka dan surga, juga bukan tentang haram atau tidak. Lebih luas dsripada itu dakwah adalah seruan dan didikan tentang seluruh aspek kehidupan bagi seluruh umat manusia.

 

Hamidudin Nasir

CyberInsight

Hamidudinnasir26@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo