Bebas Tapi Tidak Melupakan

        Saat mendengar kata bebas apa yang kalian pikirkan? Ya benar, yang dipikirkan yaitu menyenangkan. Tetapi tidak semua bebas itu menyenangkan, bebas tanpa aturan bukanlah suatu yang menyenangkan karena hidup tidak akan terarah jika melakukan sesuatu dengan semau kita tanpa memikirkan aturan dan orang lain.

            Bebas terbagi menjadi dua yaitu bebas yang positif dan bebas yang negatif. Kenapa demikian? Karena dalam kebebasan akan terciptanya ruang, ruang itu akan memberikan kehidupan yang lebih baik atau pun sebaliknya. Tergantung bagaimana cara kita menyikapi kebebasan yang diinginkan.

Setiap orang pasti menginginkan kebebasan dalam hidupnya, seperti bebas berpendapat. Dalam berpendapat kita tidak bisa hanya mementingkan pendapat atau argumen sendiri, dalam kebebasan berpendapat ada hak orang lain juga yang harus kita hargai. Apalagi jika hanya menghargai pendapat orang-orang pilihan itu tidak baik.

Banyak orang yang lupa, sering kali mereka hanya mengingat hal-hal yang menyenangkan bagi dirinya. Wajar karena manusia tempatnya lupa dan salah, tetapi jangan karena lahiriah manusia seperti itu kita jadi seenaknya dalam menjalankan kehidupan. Tetap saja manusia harus berusaha menjadi yang terbaik, terbaik bagi dirinya, orang lain, agama, dan negara.

            Sebagai manusia pasti mempunyai kewajiban dan haknya masing-masing. Maka dari itu agar kewajiban dan haknya terpenuhi kita harus sadar dan menghargai. Sadar akan semua kewajiban yang harus dikerjakan dan menghargai hak orang lain. Dengan begitu hak kita akan terpenuhi. Intinya, boleh bebas dalam menjalankan kehidupan akan tetapi jangan melupakan kewajiban dan hak sebagai manusia juga warga Negara Indonesia.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo