Nama SYL Kementan Diseret KPK Dugaan Penyalahgunaan SPJ, Gratifikasi dan Suap

Menteri Pertanian RI atau Mentan,Syahrul Yasin Limpo dikabarkan tersandung kasus korupsi dugaan penyalahgunaan SPJ, Gratifikasi, dan suap. Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) ternyata sudah melakukan penyelidikan terhadap Kemeterian Pertanian semenjak awal 2023 dengan dugaan kasus korupsi.

Kamis 15 Juni 2023, juru bicara KPK Ali Fikri menjelaskan bahwa penyelidikan kasus korupsi di Kementerian Pertanian sudah lama dilakukan oleh pihak KPK, yaitu sejak awal tahun 2023, jadi sudah 6 bulan penyelidikan ini dilakukan. Alasan penyelidikan ini bermula adalah karena adanya laporan dari masyrakat, setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, pihak KPK melakukan telaah dan analisis untuk menemukan unsur pidana  dalam kasus tersebut.

Puluhan orang di Kementerian Pertanian sudah dimintai keterangan mengenai dugaan kasus korupsi yang terjadi di Kementerian Pertanian ini. Ali Fikri tidak dapat memberitahukan siapa saja yang dimintai keterangan. Namun, hasil dari keterangan puluhan orang tersebut akan menjadi bahan bukti untuk melakukan penyidikan. Dari keterangan yang didapatkan, Ali Fikri Menjelaskan bahwa keterangan dari beberapa orang tersebut yang menjadi alasan KPK memanggil Mentan Syahrul Yasin Limpo pada Jumat, 16 Juni 2023.

Selanjutnya, nama Syahrul Yasin Limpo dan kedua anak buahnya yang merupakan Direktur Alat Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta dan Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono, diseret dan diisukan melakukan korupsi dengan dugaan penyalahgunaan SPJ, Grafitikasi dan melakukan suap. 13 Juni 2023, KPK mengusulkan agar SYL dan kedua anak buahnya ditetapkan sebagai tersangka.

Namun, SYL tidak mau menanggapi panggilan kabar  penyidikan KPK tersebut, Politikus partai Nasdem tersebut menjelaskan bahwa ia tidak mengerti dengan kasus yang diselidiki oleh KPK. Dedy Ramanta Wakil Sekretaris Jenderal Partai Nasdem meyakini bahwa Syahrul Yasin Limpo tidak melakukan korupsi dan bersih dari tuduhan tersebut.

"oh iya. Kami menanggap Pak Syahrul Yasin Limpo bekerja dengan baik/ punya reputasi yang baik karena kita pilih Beliau karena punya reputasi" jawab Dedy saat ditanya apakah Nasdem Percaya bahwa SYL bersih dari korupsi.

 

Reporter: Gina Nabillah

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Nabillahgian3@gmail.com

Ig: ginabil_

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo