Pesona Hamparan Waduk Cirata

WISATA WADUK CIRATA

Waduk Cirata merupakan salah satu dari trio waduk ternama di Indonesia (Waduk Jatiluhur, Cirata, dan Saguling). Bendungan Cirata berbentuk genangan air yang sangat luas atau disebut danau yang mengaliri tiga kabupaten, yakni Cianjur, Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat.

Waduk ini menopang kegiatan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terbesar se-Asia Tenggara, sekaligus menjadi tempat untuk budidaya perikanan, pertanian, pengendali debit air, hingga transportasi air.

Pembangunan waduk sendiri dimulai sejak tahun 1982 hingga tahun 1987, dengan proses pembangunan yang dilakukan dengan cara membendung Sungai Citarum. Setidaknya terdapat SDM mencapai 5.000 orang yang terdiri atas tenaga Indonesia maupun asing, yang bahu membahu dalam proses pembangunan waduk tersebut.

Waduk Cirata memiliki keindahan alam yang begitu mempesona. Ketika Anda memasuki kawasannya, maka Anda pun akan langsung menyaksikan hamparan air yang telah dihiasi dengan pembudidayaan ikan jaring apung. Tidak heran jika dari pinggiran bendungan, Anda akan disuguhi dengan pemandangan menakjubkan serta jejeran perahu nelayan.

Semua panorama tersebut semakin lengkap, karena Cirata dikelilingi oleh perbukitan hijau. Ketika Anda berada di destinasi saat senja tiba, maka semua pemandangan alam ini terlihat bak goresan lukisan yang amat memukau. Dimana Anda bisa melihat bagaimana megah dan eksotisnya pemandangan matahari terbenam. Sungguh terasa begitu hangat di hati maupun pikiran.

Untuk lokasi dari Waduk Cirata sendiri beralamat di Tegalwaru, Kecamatan Plered, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. Destinasi wisata Waduk Cirata sendiri berjarak sekitar 27 km jika anda berangkat dari pusat kota Purwakarta. Dan berjarak 55 km dari pusat kota Bandung.

Anda bisa mengunjungi obyek wisata Waduk Cirata dari pusat kota Purwakarta menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh sekitar 60 menit perjalanan. Berikut rute perjalanan terbaik yang bisa anda akses untuk menemani perjalanan liburan anda agar semakin mudah dan menyenangkan.

Menjadi salah satu obyek wisata menarik di Kabupaten Purwakarta. Membuat Waduk Cirata di lengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung wisata yang bisa anda nikmati seperti:

1.      Tempat parkir kendaraan wisata

2.      Warung-warung wisata

3.      Toilet

4.      Spot Foto Instagenic

5.      Wahana permainan air dan adventure

6.      Mushola

7.      Penginapan

8.      Gazebo

9.      Perahu wisata

So, untuk kamu yang yang ingin mendapatkan liburan impian di Purwakarta Jawa Barat dengan sajian fasilitas dan spot wisata yang ada diobyek wisata Waduk Cirata.


Mike Ayu Anjani
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Instagram : Mayuanjani10

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo